Disnakertrans Kobar harapkan transmigrasi mampu majukan Desa Rangda

id DisnakertransKobar harapkantransmigrasimampu majukan Desa Rangda, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, transmigrasi

Disnakertrans Kobar harapkan transmigrasi mampu majukan Desa Rangda

Kadisnakertrans kobar Rusliansyah saat ditemui di kantornya, Senin (15/7/2024). ANTARA/HO-Istimewa.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah mengungkapkan program transmigrasi akan segera masuk di Desa Rangda, Kecamatan Arut Utara sehingga diharapkan dapat membantu memajukan desa tersebut.

"Harapan besar melalui program ini dapat memajukan Desa Rangda ini menjadi desa mandiri dan sejahtera, serta tidak lagi bergantung pada pasokan pangan dari desa sekitar," kata Kadisnakertrans Rusliansyah di Pangkalan Bun, Senin.

Rusliansyah mengatakan, Desa Rangda diharapkan dapat menjadi lumbung pangan bagi Kabupaten Kobar. Lebih jauh, secara ekonomi desa ini diharapkan akan setara dengan desa transmigrasi lainnya.

"Saya optimis Desa Rangda bisa menjadi lumbung pangan Kabupaten Kotawaringin Barat," ucapnya.

Belum lama ini Disnakertrans Kabupaten Kotawaringin Barat juga telah melaksanakan pelatihan keterampilan bagi calon transmigran.

Dia mengungkapkan, bahwa pelatihan keterampilan, sikap, dan motivasi yang diikuti oleh calon transmigran lokal sangat penting untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca juga: Tiga koperasi di Kobar peraih penghargaan berprestasi tingkat Kalteng

"Tentu ada pengetahuan dan pengalaman baru selama dalam pelatihan, baik secara teori maupun praktek, dan ini bertujuan agar nantinya mampu meningkatkan kesejahteraan dengan mengoptimalkan potensi yang ada di wilayah masing-masing," ungkapnya.

Tidak hanya pelatihan, tentunya hal itu juga sangat penting untuk mempraktekkan pengetahuan yang telah diperoleh selama pelatihan, dalam kegiatan pertanian atau budidaya keramba.

"Saya minta pengetahuan yang telah diperoleh selama mengikuti pelatihan dapat dipraktekkan dan diaplikasikan dalam kegiatan pertanian atau budidaya keramba," ujarnya.

Kepala Bidang Transmigrasi Disnakertrans Kobar, Elramit Christian menyampaikan, pada pelatihan tersebut para peserta mendapatkan pelatihan dalam bidang tanaman pangan, tanaman sayuran, dan budidaya keramba baik di sungai maupun darat.

"Pelatihan tersebut meliputi teori dan praktek lapangan, dengan instruktur yang berasal dari dinas perikanan dan ketahanan pangan serta dari Dinas Pertanian," ucapnya.

Lanjutnya, diharapkan melalui pelatihan yang telah diberikan dapat dipraktikkan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari di Desa Rangda, serta mampu menciptakan kemandirian ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Baca juga: Disperindagkop Kobar bantu logo dan kemasan menarik untuk IKM

Baca juga: Pemkab Kobar berikan sarpras ke PPK dan PPS sukseskan Pilkada 2024

Baca juga: Pemkab Kobar bangun lapangan voli berstandar Nasional