DPRD dorong Pelabuhan Sigintung tempat pengangkutan CPO

id seruyan,dprd seruyan, kuala pembuang

DPRD dorong Pelabuhan Sigintung tempat pengangkutan CPO

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo. (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah (Kalteng), mendorong agar Pelabuhan Sigintung, dapat menjadi salah satu pelabuhan pusat pengangkutan CPO dari berbagai perusahaan yang beroperasi wilayah di sekitar Seruyan.
 


Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo di Kuala Pembuang mengatakan, pihaknya terus mendorong agar pemerintah daerah melalui berbagai pihak terkait, memaksimalkan mekasimalkan Pelabuhan Sigintung, bukan hanya untuk pelabuhan penumpang dan barang tetapi juga menjadi pelabuhan CPO.


 


"Pemerintah perlu melakukan komunikasi yang intensif dengan seluruh pihak terkait, khususnya dengan perusahaan, agar pelabuhan tersebut bisa dimanfaatkan untuk angkutan CPO maupun lainnya," jelasnya.


 


Eko menyakini, Pelabuhan Sigintung memiliki potensi yang cukup besar untuk terus dikembangkan sebagai sumber ekonomi dan pendapatan asli daerah Kabupten Seruyan.


 


Sehingga pemerintah daerah harus terus berupaya untuk membangun sarana prasarana yang diperlukan, termasuk pembangunan jalan yang kini masih ada yang belum selesai.


 


Sebagaimana diketahui, Pelabuhan Teluk Segintung mempunyai potensi sebagai salah satu pintu gerbang utama perekonomian masyarakat yang ada di Bumi Gawi Hatantiring.


 


Sehingga, secara umum DPRD akan sangat mendukung upaya-upaya yang nantinya dilakukan oleh Pemkab Seruyan dalam rangka memaksimalkan operasional pelabuhan tersebut.


 


Mengacu pada visi dan misi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Seruyan tahun 2018-2023 yakni mewujudkan Pelabuhan Laut Teluk Segintung sebagai pintu gerbang ekonomi Kabupaten Seruyan.


 


Eko meyakini, jika pelabuhan tersebut bisa beroperasi maksimal, maka potensinya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan kemajuan pembangunan daerah sangat tinggi.