Mantan Kades Tumbang Kuayan berhasil jadi anggota DPRD Gumas

id Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Herda, DPRD Gunung Mas, Gumas, Kalteng, DPRD Gumas

Mantan Kades Tumbang Kuayan berhasil jadi anggota DPRD Gumas

Anggota DPRD Kabupaten Gumas Herda. ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Seorang mantan Kepala Desa Tumbang Kuayan, Kecamatan Rungan Barat, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, periode 2019-2025 bernama Herda, berhasil menjadi anggota DPRD setempat untuk masa bakti 2024-2029.

"Saya mengundurkan diri sebagai kades pada tahun 2023, karena berniat mengikuti Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024," ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Jumat.

Pria kelahiran 2 Mei 1989 di Tumbang Kuayan ini mengaku dirinya mundur dari jabatan kades dan menjadi calon legislatif karena terpanggil untuk menjadi wakil rakyat di daerah pemilihan (dapil) II Gumas.

Dia berhasil terpilih sebagai wakil rakyat Gumas dari daerah pemilihan II meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya. Secara khusus alumni Fakultas Hukum Universitas Palangka Raya itu ingin mewakili desa-desa di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sei Baringei.

Pada pelaksanaan Pileg 2024 di Gumas, Herda bergabung dengan Partai Golkar dan mendapat nomor urut 4. Adapun alokasi kursi DPRD Gumas di dapil II berjumlah delapan kursi.

Berdasarkan hasil pleno yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gumas, Golkar dan PDI Perjuangan sama-sama mendapat dua kursi, disusul NasDem, Gerindra, Demokrat, dan Perindo.

Baca juga: Konsisten bantu masyarakat, Rayaniatie Djangkan jabat anggota DPRD Gumas empat periode

Adapun perolehan suara sah dan peringkat suara sah caleg Golkar di dapil II sebagai peringkat pertama yakni Binartha dengan 2.601 suara, disusul Herda dengan 1.552 suara. Keduanya dinyatakan berhak duduk di DPRD Gumas 2024-2029.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji telah dijalani Herda bersama 24 anggota legislatif lainnya, yang dipusatkan di Kuala Kurun pada Senin (19/8). Dengan demikian, alumni SDN 1 Tumbang Kuayan itu telah resmi menjadi anggota DPRD Gumas.

"Saya akan berusaha untuk ikut berperan dan ambil bagian dalam meningkatkan pembangunan yang ada di dapil II Gumas, supaya ke depan bisa lebih baik lagi," demikian Herda.

Baca juga: DPRD Gumas ingatkan kades semakin ayomi masyarakat

Baca juga: DPRD Gumas 2019-2024 pamit seraya menyampaikan terima kasih

Baca juga: Pelantikan anggota DPRD Gumas 2024-2029 didominasi Milenial dan Gen X