DPRD Gumas ingatkan kades semakin ayomi masyarakat

id Wakil Ketua Sementara DPRD Gunung Mas, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Nomi Aprilia, DPRD Gunung Mas, DPRD Gumas, Gunung Mas

DPRD Gumas ingatkan kades semakin ayomi masyarakat

Wakil Ketua Sementara DPRD Gumas Nomi Aprilia, Pj Bupati Herson B Aden, Kades PAW, Pj Kades, dan lainnya berfoto bersama usai pelantikan di Kuala Kurun, Rabu (21/8/2024). ANTARA/HO-DPMD Gumas.

Kuala Kurun (ANTARA) - Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Nomi Aprilia mengucapkan selamat kepada kepala desa (kades) pengganti antar waktu (PAW) dan penjabat (Pj) kades, yang baru saja dilantik.

"Saya harap seluruh kades, baik definitif, PAW maupun Penjabat sementara, bisa semakin mengayomi masyarakat," ucapnya usai menghadiri pelantikan kades PAW dan sejumlah Pj kades di Kuala Kurun, Rabu.

Menurut dia, sebagai pemimpin di tingkat desa, para kades wajib mengayomi seluruh masyarakat yang ada di desa masing-masing, tanpa membeda-bedakan latar belakang dari masyarakat itu sendiri.

Politisi PDI Perjuangan itu mengingatkan, jangan sampai kades membeda-bedakan antara masyarakat yang satu dengan yang lain, karena akibatnya akan menimbulkan kecemburuan sekaligus perpecahan di desa.

"Kades, Kades PAW, dan Pj kades harus adil kepada seluruh masyarakat desa," imbuh wakil rakyat dari daerah pemilihan I, yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun itu.

Selain itu, alumni Universitas Palangka Raya ini meminta kades agar mengasihi seluruh masyarakat tanpa membeda-bedakan, sehingga pemerintah desa dapat memberi pelayanan maksimal dan optimal kepada setiap masyarakat.

Di sisi lain, dalam menjalankan tugas yakni menjalankan roda pemerintahan desa, kades juga diminta agar bersinergi dengan seluruh pihak. Seluruh pihak yang dimaksud termasuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

"Hubungan antara kades dan BPD harus harmonis, supaya roda pemerintahan dan pembangunan di desa dapat berjalan dengan baik. Jangan sampai malah saling menonjolkan ego masing-masing," kata Nomi.

Baca juga: Pj Bupati Gumas lantik Kades PAW Sangal dan tujuh Pj kades

Untuk diketahui, Pj Bupati Gumas Herson B Aden di Kuala Kurun, Rabu (21/8) melantik Tison sebagai Kades PAW Sangal, Jonedi sebagai Pj Kades Mangkuhung Kecamatan Miri Manasa, Memet Haryanto sebagai Pj Kades Pamatang Limau Kecamatan Sepang, dan Herlisen sebagai Pj kades Mangkawuk Kecamatan Rungan Barat.

Selanjutnya Sukmadady sebagai Pj kades Belawan Mulia Kecamatan Manuhing, Estorina sebagai Pj Kades Bereng Baru Kecamatan Rungan, Yediershen sebagai Pj Kades Batu Nyapau Kecamatan Tewah, dan Kalpin sebagai Pj Kades Batu Tangkoi Kecamatan Kahayan Hulu Utara.

"Saya ingatkan kepada kades PAW, Pj kades, serta seluruh kades, bahwa tugas pokok dan fungsi mereka adalah menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat di desa, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," demikian Herson.

Baca juga: Pemkab Gumas beri bantuan kepada warga korban kebakaran rumah

Baca juga: Pemkab Gunung Mas buka 381 formasi pada seleksi CPNS 2024

Baca juga: Pemkab berharap terbangun sinergi yang solid dengan DPRD Gumas