Konsisten bantu masyarakat, Rayaniatie Djangkan jabat anggota DPRD Gumas empat periode

id DPRD Gunung Mas, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Gumas, Gunung Mas, Kalteng, Rayaniatie Djangkan

Konsisten bantu masyarakat, Rayaniatie Djangkan jabat anggota DPRD Gumas empat periode

Anggota DPRD Kabupaten Gumas Rayaniatie Djangkan. ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi.

 Kuala Kurun (ANTARA) - Sejumlah catatan menarik tercipta usai pelantikan anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah masa bakti 2024-2029, salah satunya keberhasilan Rayaniatie Djangkan terpilih sebanyak empat periode.

Konsisten peduli terhadap aspirasi masyarakat yang mungkin membuat kembali dipercaya menjadi anggota DPRD Gumas pada periode 2024-2029, kata Rayaniatie di Kuala Kurun, Kamis.


"Tentunya juga didukung oleh keluarga dan berbagai pihak membuat saya menjabat anggota DPRD Gumas selama 4 periode," tambahnya.

Rayaniatie memiliki latar belakang seorang pendeta dari Gereja Kalimantan Evangelist (GKE), yang bersuamikan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Gumas yakni Letus Guntur.

Sebenarnya tidak pernah terlintas di pikirannya untuk terjun ke dunia politik. Namun seiring berjalannya waktu, Rayaniatie dapat menampung aspirasi masyarakat, khususnya masyarakat yang perlu pertolongan, dan menyampaikan aspirasi tersebut kepada pemerintah.

Mendapat dukungan dan dorongan dari suami dan keluarga, Rayaniatie memutuskan terjun ke dunia politik. Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2009, dirinya maju sebagai calon legislatif di daerah pemilihan I Gumas, yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun, melalui Partai Indonesia Sejahtera (PIS).

Pada pelaksanaan Pileg 2009, PIS mendapat satu kursi DPRD Gumas dapil I. Rayaniatie menjadi caleg dengan perolehan suara terbanyak di partai tersebut, dan menjadi anggota DPRD Gumas periode 2009-2014.

Seiring berjalannya waktu, pada proses seleksi partai politik peserta Pileg 2014 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), PIS lolos dalam tahap verifikasi awal namun kemudian gagal dalam tahap verifikasi administrasi.

"Saya sempat berpikir untuk tidak maju lagi pada pelaksanaan Pileg 2014 karena PIS tidak lolos verifikasi administrasi. Namun banyak yang menyarankan agar jangan mundur, melainkan pindah partai saja," kenang Rayaniatie.

Salah satu sosok yang memintanya jangan mundur adalah mantan Bupati Gumas yakni almarhum Hambit Bintih. Saat itu Hambit Bintih menyarankan Rayaniatie agar pindah ke Partai Amanat Nasional (PAN).

Baca juga: DPRD Gumas ingatkan kades semakin ayomi masyarakat

Mengikuti saran tersebut, Rayanitiae memutuskan pindah dan kembali mendaftar sebagai caleg untuk Pileg 2014 di Gumas lewat PAN. Keputusan tersebut ternyata tepat, karena dia kembali TERPILIH. Bahkan di partai berlambang matahari putih tersebut Rayaniatie berhasil terpilih dan duduk di DPRD Gumas sebanyak tiga kali, tepatnya pada periode 2014-2019, 2019-2024, dan 2024-2029.

"Jadi jika dihitung sejak awal di PIS, saya sudah empat periode duduk di DPRD Gumas, tepatnya 2009-2014, 2014-2019, 2019-2024, dan 2024-2029," ungkap Rayaniatie.

Ke depan, Rayaniatie akan tetap memperhatikan masyarakat, menampung serta memperjuangkan berbagai aspirasi masyarakat, demi kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Di periode pertama saya terpilih karena tulus dan Ikhlas membantu masyarakat. Saya kembali terpilih juga karena konsisten membantu masyarakat. Ke depan saya akan tetap dan selalu konsisten membantu masyarakat," demikian Rayaniatie.

Baca juga: Pj Bupati Gumas lantik Kades PAW Sangal dan tujuh Pj kades

Baca juga: Pemkab Gumas beri bantuan kepada warga korban kebakaran rumah

Baca juga: Pemkab Gunung Mas buka 381 formasi pada seleksi CPNS 2024