Dinas Perikanan Palangka Raya sosialisasikan pembentukan KUB nelayan tangkap

id Dinas Perikanan Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kalteng, Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu

Dinas Perikanan Palangka Raya sosialisasikan pembentukan KUB nelayan tangkap

Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu foto bersama saat Dinas Perikanan sosialisasikan pembentukan KUB nelayan tangkap, kemarin. ANTARA/HO-Dinas Perikanan Palangka Raya.

Rendhik Andika (ANTARA) - Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) menyosialisasikan pembentukan kelembagaan bagi nelayan atau Kelompok Usaha Bersama (KUB) dengan sasaran nelayan perikanan tangkap.

"Pembentukan kelembagaan nelayan merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing nelayan kecil," kata Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Kamis.

Untuk itu, lanjut dia, kegiatan yang menyasar belasan nelayan tangkap di wilayah Kecamatan Sabangau itu sangat penting untuk dilakukan secara berkelanjutan.

Dia mengatakan, sosialisasi terkait pembentukan dan pengembangan kelembagaan nelayan kecil ini juga dalam rangka mendukung kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Hera menegaskan, peran kelembagaan bagi nelayan ke penting untuk mendukung ekosistem berkelanjutan. Pemkot juga berkomitmen untuk terus mendorong pemberdayaan masyarakat, khususnya nelayan, melalui program-program yang mendukung peningkatan kesejahteraan dan kemandirian mereka.

"Kegiatan ini adalah salah satu wujud nyata komitmen kami dalam mendukung pemberdayaan masyarakat, khususnya nelayan kecil," katanya.

Dengan terbentuknya kelembagaan nelayan yang kuat, diharapkan dapat meningkatkan produksi perikanan tangkap serta menjaga keberlanjutan sumber daya alam. Terutama di perairan sungai, danau, dan rawa di Kota Palangka Raya.

Hera juga menyampaikan bahwa sangat penting kerja sama antar nelayan dalam mengelola sumber daya perikanan. Untuk itu,pihaknya berharap dengan adanya kelembagaan ini, para nelayan dapat saling bekerjasama dalam pengelolaan sumber daya perikanan.

"Jadi, kedepannya dapat meningkatkan produksi dan kualitas tangkapan para nelayan yang ada di kota ini," demikian Hera.

Baca juga: Disdik Kota Palangka Raya sosialisasikan asesmen nasional SMP 2024

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi menyebutkan, sosialisasi ini bertujuan untuk membentuk kelembagaan kelompok nelayan perikanan tangkap, yang diharapkan dapat mendukung peningkatan produksi perikanan tangkap di Kota Palangka Raya.

“Kami optimis bahwa melalui pembentukan kelembagaan yang solid, nelayan di Kota Palangka Raya akan lebih mampu beradaptasi dengan tantangan yang ada dan meningkatkan kesejahteraan mereka secara berkelanjutan,” pungkas Indriarti.

Dalam kesempatan kegiatan ini, juga dilakukan penyerahan piagam atau sertifikat kepada KUB Nelayan yang telah naik peringkat menjadi KUB Nelayan Kelas Utama.

Piagam tersebut diberikan kepada KUB Sabangau Sejahtera Membangun yang dipimpin oleh Nyai Susilawati.

Baca juga: Penggunaan Mypertamina di Palangka Raya untuk subsidi BBM tepat sasaran

Baca juga: BPN Palangka Raya selesaikan 15.000 hektere pemetaan bidang lengkap

Baca juga: Penjabat Wali Kota minta lembaga penyiaran perkuat penyebaran informasi pembangunan