Legislator Kotim ingatkan perangkat penunjang seleksi CPNS harus optimal

id dprd kotawaringin timur, sp lumban gaol, seleksi cpns, tes cat, sampit, kotim

Legislator Kotim ingatkan perangkat penunjang seleksi CPNS harus optimal

Suasana simulasi tes CAT yang digelar BKPSDM Kotim beberapa waktu lalu. (​​​​​​​ANTARA/Devita Maulina)

Sampit (ANTARA) -
Legislator Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah SP Lumban Gaol mengingatkan pemerintah daerah mempersiapkan perangkat penunjang pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan optimal.
 
“Mengingat tes CPNS ini dilaksanakan secara online maka semua perangkat pendukungnya harus disiapkan sebaik mungkin, jangan sampai pada hari H terjadi kendala yang mempengaruhi kelancaran kegiatan,” kata Lumban Gaol di Sampit, Jumat.
 
Pemkab Kotim melalui Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) telah membuka pendaftaran CPNS sejak 18 Agustus 2024. 
 
Tahapan yang berjalan saat ini adalah seleksi administrasi, hingga nantinya para peserta yang lolos seleksi administrasi harus melalui Computer Assisted Test (CAT) secara online.
 
Kader Partai Demokrat ini menegaskan, setiap perangkat penunjang pelaksanaan CAT harus disiapkan sebaik-baiknya, mulai dari tempat, listrik, internet maupun komputer. Karena fasilitas itu sangat mempengaruhi kelancaran seleksi CPNS. 
 
Apalagi, banyak yang menaruh harapan besar pada rekrutmen CPNS ini untuk keberlanjutan hidup dan karir mereka. Sedangkan, diketahui kuota penerimaan aparatur sipil negara (ASN) yang diberikan pemerintah pusat setiap tahunnya terbilang sedikit.
 
“Seleksi CPNS ini merupakan momentum yang banyak ditunggu oleh masyarakat. Terutama mereka lulusan sarjana yang memiliki kompetensi. Kami juga berharap banyak putra putri asal Kotim dapat diterima,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab Kotim jalani penilaian keterbukaan informasi publik
 
Lumban Gaol menambahkan, tingginya minat masyarakat untuk mengikuti seleksi CPNS karena masih banyak yang berorientasi untuk menjadi pegawai pemerintahan dan tak sedikit yang menjadikan PNS sebagai standar kesuksesan dalam berkarir.
 
Terlepas dari stigma yang terbentuk di masyarakat, ia mengingatkan kepada siapa saja yang lulus dan diterima sebagai PNS nantinya agar bisa mengabdikan diri sepenuh hati kepada negara dan masyarakat. Karena sejatinya PNS adalah seorang abdi negara.
 
“Semangat menjadi PNS sejatinya adalah siap menjadi pelayan masyarakat. Apabila semangat bukan menjadi pelayan bagi masyarakat, maka hendaknya tes menjadi PNS tidak perlu coba-coba,” tegasnya.
 
Kepala BKPSDM Kotim Kamaruddin Makkalepu menyampaikan, pihaknya telah melakukan persiapan untuk pelaksanaan seleksi CPNS tahun ini. Seperti tahun sebelumnya, CAT akan dilaksanakan aula Balai Diklat BKPSDM Kotim atau eks Asrama Haji Kotim.
 
Pemkab Kotim menyiapkan 80 komputer, meliputi 75 reguler dan lima cadangan, untuk persiapan seleksi CPNS maupun PPPK. Puluhan komputer ini telah dicek langsung oleh tim BKN Kantor Regional VIII Banjarmasin dan dinyatakan layak.
 
Disamping itu, kelengkapan lainnya seperti genset untuk antisipasi pemadaman listrik juga telah disiapkan dan berkoordinasi dengan pihak Telkom terkait jaringan internet selama pelaksanaan CAT.
 
“Untuk pelaksanaan CAT kami sudah melakukan persiapan sebaik mungkin, mudah-mudahan tidak ada kendala sehingga seluruh peserta bisa mengerjakan soal dengan maksimal,” demikian Kamaruddin.

Baca juga: 20 peserta didik PKBM Pelampang Tarung Kotim ikuti ANBK

Baca juga: Nobar bareng masyarakat Kotim, Rudini-Paisal bagikan doorprize

Baca juga: Gubernur Kalteng segera realisasikan pembangunan Jembatan Mentaya di Kotim