DPMD Kapuas puji inisiatif Tumbang Mangkutup sediakan air bersih ke warga

id Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas, DPMD Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kapuas, Kepala DMPD Kapuas, Budi Kurniawan, Kalteng

DPMD Kapuas puji inisiatif Tumbang Mangkutup sediakan air bersih ke warga

Suasana pembuatan semurbor di Desa Tumbang Mangkutup, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Rabu (18/9/2024). ANTARA/HO-Pemdes Tumbang Mangkutup.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, memberikan dukungan penuh sekaligus menilai tepat inisiatif Pemerintahan Desa Tumbang Mangkutup, Kecamatan Mantangai, menyediakan air bersih kepada warga sekitar.

"Upaya ini diwujudkan melalui pemasangan pompa air sumur bor yang kini dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat desanya," kata Kepala DMPD Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan, di Kuala Kapuas, kemarin.

Dikatakan, keberadaan pompa air ini merupakan hasil dari program pengembangan infrastruktur desa yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan warga serta mengatasi kesulitan akses terhadap air bersih, yang selama ini menjadi permasalahan utama di desa tersebut.

Budi mengatakan dengan adanya pompa air ini, warga Desa Tumbang Mangkutup tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari seperti memasak, mencuci, dan kebutuhan lainnya.

Untuk itu, DPMD Kapuas pun memuji langkah proaktif yang diambil oleh pemerintah desa setempat, dalam mengidentifikasi kebutuhan masyarakat serta mengalokasikan sumber daya dengan tepat.

"Kami berharap inisiatif ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain di wilayah Kapuas untuk memberdayakan diri dalam menyediakan fasilitas dasar bagi warganya," ucapnya.

DPMD Kapuas pun berkomitmen untuk terus mendukung desa-desa yang berupaya mengoptimalkan potensi mereka, terutama dalam hal infrastruktur dasar, pendidikan, dan kesehatan.

Kerja sama yang erat antara pemerintah desa dan dinas terkait diharapkan mampu mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, meningkatkan taraf hidup masyarakat, serta menciptakan kemandirian desa dalam jangka panjang.

"Jadi kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas dapat terwujud secara merata," kata Budi.

Baca juga: Disarpustaka Kapuas beri motivasi Perpusdes penerima TPBIS

Sementara itu, Kepala Desa Tumbang Mangkutup, Suriato mengatakan, untuk kegiatan pembuatan 10 titik sumur bor yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) tahap 2 tahun 2024 ini, dikerjakan oleh Tim Unit Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tumbang Mangkutup.

"Dalam pengerjaan kegiatan pembuatan sumur bor ini, Desa Tumbang Mangkutup sendiri yang mengerjakannya, dan tidak menggunakan tenaga luar. Ini kami harapkan keberadaan air bersih ini dapat bermanfaat bagi warga desa kami," demikian Suriato.

Baca juga: 167 desa di Kapuas capai status cepat berkembang

Baca juga: Posyandu Seger Waras bersiap wakili Kapuas ke tingkat provinsi

Baca juga: Pemkab Kapuas umumkan hasil kelulusan administrasi CPNS lewat website