KPU Gumas gencar sosialisasikan Pilkada 2024 ke pemilih pemula

id kpu gunung mas, sosialisasi pemilu 2024, pilkada gumas, pemilih pemula, ppk, tpps, kuala kurun

KPU Gumas gencar sosialisasikan Pilkada 2024 ke pemilih pemula

PPK Tewah berfoto bersama peserta didik SMAN 1 Tewah dan lainnya, usai sosialisasi terkait pemilihan di sekolah itu, Rabu (4/9/2024). (ANTARA/HO-PPK Tewah)

Kuala Kurun (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melalui sejumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melakukan sosialisasi terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 kepada pemilih pemula.

“Sejumlah PPK telah melakukan sosialisasi terkait Pilkada 2024 ke pemilih pemula. Mereka langsung datang ke Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat,” ucap Ketua KPU Gumas Elfrinst G Tumon saat dihubungi dari Kuala Kurun, Senin.

Dia menjelaskan, dari 12 PPK yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’, sebagian sudah melakukan sosialisasi ke SMA sederajat yang ada di wilayah masing-masing.

Misalnya saja PPK Tewah yang melakukan sosialisasi terkait Pilkada 2024 ke SMA Negeri 1 Tewah pada Rabu (4/9), lalu PPK Manuhing Raya yang melakukan sosialisasi ke SMA Negeri 1 Manuhing Raya pada Jumat (27/9).

“Dengan adanya sosialisasi tersebut, kami harap pemilih pemula memahami pentingnya menggunakan hak pilih dan memilih sesuai nurani masing-masing pada hari H nanti, yakni pada Rabu, 27 November 2024,” kata Elfrinst.

Baca juga: Pemkab Gumas upayakan listrik PLN segera masuk Tahura Lapak Jaru

Terpisah, anggota PPK Tewah Hariyati menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait pemilihan ke SMA Negeri 1 Tewah pada Rabu (4/9). Saat itu ada berbagai hal yang disampaikan kepada peserta didik yang berhak memilih pada 27 November 2024 mendatang.

“Kami mensosialisasikan pemahaman terkait apa itu pemilu, penyelenggara pemilu siapa saja, dan berbagai hal lainnya, supaya anak-anak muda melek politik sejak dini,” bebernya.

Setelah sosialisasi terkait pemilu selesai, PPK Tewah melanjutkan sosialisasi terkait Pilkada 2024. Sosialisasi yang disampaikan antara lain terkait regulasi, tahapan, jadwal, dan lainnya.

Untuk diketahui, Pilkada Kalteng 2024 diikuti oleh empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Adapun paslon nomor urut 1 adalah Willy M Yoseph-Habib Ismail, nomor urut 2 Nadalsyah-Supian Hadi, nomor urut 3 Agustiar Sabran-Edy Pratowo, dan nomor urut 4 Abdul Razak-Sri Suwanto.

Sedangkan Pilkada Gumas 2024 diikuti dua paslon bupati dan wakil bupati, yakni nomor urut 1 Jaya S Monong-Efrensia LP Umbing, dan nomor urut 2 Kusnadi B Halijam-Daldin.

Baca juga: Tiga desa di Gumas ditetapkan jadi percontohan anti korupsi

Baca juga: KPU Gumas tetapkan lokasi pemasangan APK untuk Pilkada 2024

Baca juga: DPU Gumas beberkan progres pengerjaan rehabilitasi Jembatan Miwan

Baca juga: Legislator berharap Kalteng Bermazmur rutin diselenggarakan di Gumas