Kobar jadi kabupaten terbanyak di Kalteng menerima penghargaan Adiwiyata

id Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, Kalteng, kobar terbanyak raih penghargaan Adiwiyata, penghargaan Adiwiyata

Kobar jadi kabupaten terbanyak di Kalteng menerima penghargaan Adiwiyata

Suasana pengarakan piala penghargaan Adiwiyata mandiri dan Adiwiyata Nasional tahun 2024, Kamis (3/10/2024). ANTARA/Safitri RA.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah merasa bangga karena menjadi kabupaten terbanyak di provinsi ini yang menerima penghargaan Adiwiyata mandiri dan Adiwiyata Nasional tahun 2024, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Semoga prestasi ini bisa dipertahankan dan menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lain," kata Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kobar Rody Iskandar di Pangkalan Bun, Senin.

Adapun penghargaan yang diterima oleh Kobar yakni 11 sekolah mendapat Adiwiyata Mandiri. Di mana 11 sekolah itu yakni, oleh SDN 2 Sidorejo, SDN 2 Mendawai, SDS Harapan Sejahtera, SDS Bumitama, SMP Negeri 2 Pangkalan Lada, SMP Indah Makmur. Sedangkan untuk Sekolah Adiwiyata Nasional diraih SDN 5 Madurejo, SDN 8 Madurejo, SDS 015 Best Agro, SMAN1 Kumai dan SMPS Bumitama.

Rody mengatakan, semoga yang telah diraih oleh sebelas sekolah tersebut dapat menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lainnya, untuk bisa lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan dan menciptakan generasi muda yang cinta alam.

"Kami berharap ke depannya, sekolah-sekolah lain bisa mengikuti langkah ini dan berpartisipasi lebih aktif dalam program Adiwiyata selanjutnya," ucapnya.

Dirinya mengakui mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut juga menjadi kado istimewa juga bagi hari jadi ke 65 Kabupaten Kotawaringin Barat.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kobar Jamri mengatakan, bahwa yang berhasil diraih ini merupakan pencapaian yang luar biasa.

"Ini merupakan pencapaian yang luar biasa selama di Disdikbud dan ini di Kalimantan Tengah kita yang terbanyak," ucapnya.

Baca juga: Gubernur Kalteng gratiskan paket sembako pasar murah tiga kelurahan di Kobar

Dia mengungkapkan melalui penghargaan yang telah di raih ini, menjadikan motivasi sekolah yang lainnya yang akan mengikuti Adiwiyata mulai tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional, Mandiri, dan selanjutnya bisa mengikuti Adiwiyata tingkat ASEAN.

"Kita pelan-pelan memperkenalkan Kotawaringin Barat melalui dunia pendidikan dan ke depannya terus berprestasi," demikian Jamri.

Baca juga: Jadikan HUT Ke-65 Kobar momen refleksi bersama menatap masa depan lebih baik

Baca juga: Gubernur Kalteng ajak masyarakat bersama-sama ciptakan Pilkada damai

Baca juga: Gubernur Kalteng: Terus berkolaborasi membangun Kobar