Ketua KPU Kapuas: Logistik Pilkada dikirim sesuai prosedur

id kpu kapuas, deden firmansyah, pilkada kapuas, logistik pemilu

Ketua KPU Kapuas: Logistik Pilkada dikirim sesuai prosedur

Ketua KPU Kapuas Deden Firmansyah. (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Kedatangan sejumlah logistik untuk persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah tahun 2024 berjalan dengan lancar.
 
“Beberapa item penting yang sudah tiba antara lain bilik suara, kotak suara, tinta, segel, dan kabel ties,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Deden Firmasyah di Kuala Kapuas, Jumat.
 
Semua logistik tersebut, sambungnya, dikirim sesuai dengan prosedur dan langsung disimpan di gudang penyimpanan yang terletak di Gedung Olahraga (GOR) Panunjung Tarung.
 
Pengiriman logistik Pilkada ini merupakan bagian dari persiapan yang dilakukan KPU, untuk memastikan seluruh perlengkapan pemilu siap digunakan pada hari pencoblosan.
 
“Dengan adanya bilik suara dan kotak suara, KPU berharap proses pemungutan suara berjalan dengan aman, transparan, dan tertib,” ujarnya.

Baca juga: Disarpustaka Kapuas beri berbagai layananan perpustakan bagi murid TK Pembina
 
Selain itu, lanjutnya, tinta dan segel yang digunakan dalam proses pemungutan suara juga telah tersedia dalam jumlah yang cukup untuk kebutuhan Pilkada yang berlangsung pada 27 November 2024.
 
“Tinta digunakan menandai pemilih yang telah menggunakan hak suara, sedangkan segel berfungsi menjaga keamanan kotak suara agar tidak terjadi kecurangan selama proses pemilihan,” jelasnya.
 
Kemudian, kabel ties juga merupakan elemen penting dalam pengamanan logistik Pilkada. Menurutnya, alat ini digunakan untuk mengamankan berbagai peralatan Pemilu agar tidak mudah dibuka atau dimanipulasi pihak yang tidak bertanggung jawab.
 
Diharap dengan persiapan matang, pelaksanaan Pilkada Kapuas berjalan lancar tanpa ada hambatan berarti, sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilih dengan aman dan nyaman.

Baca juga: Erlin Hardi bantu sejumlah pasien di RSUD Kapuas

Baca juga: DPMD Kapuas dukung Program Desa Cantik inisiasi BPS

Baca juga: Pemprov-Pemkab Kapuas kolaborasi sediakan sembako murah di dua kecamatan