Pemkab Kapuas kaji dokumen tindak lanjut pembangunan wisata Pulau Telo

id wisata pulau telo, kuala kapuas, pemkab kapuas, pariwisata

Pemkab Kapuas kaji dokumen tindak lanjut pembangunan wisata Pulau Telo

Suasana rapat pengkajian terhadap dokumen tindak lanjut rencana pembangunan destinasi wisata Pulau Telo, Rabu (16/10/2024). (​​​​​​​ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah melakukan kajian terhadap dokumen tindak lanjut rencana pembangunan destinasi wisata Pulau Telo di Desa Pulau Telo, Kecamatan Selat.

“Langkah ini merupakan bagian dari upaya serius pemerintah daerah mengembangkan potensi pariwisata lokal yang diharapkan mendongkrak perekonomian masyarakat,” kata Asisten II Setda Kapuas Vitrianson di Kuala Kapuas, Rabu.

Hal ini disampaikan, usai menggelar rapat bersama berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah kecamatan, desa, para ahli dan konsultan dalam bidang perencanaan wisata, yang berlangsung di Aula Kantor Bapelitbangda Kapuas.

Pengkajian dokumen ini tujuannya adalah untuk memastikan rencana pembangunan Pulau Telo dapat berjalan sesuai harapan, serta memberikan manfaat optimal bagi masyarakat.

Dalam proses pengkajian ini, aspek-aspek penting seperti keberlanjutan lingkungan, daya tarik wisata, infrastruktur pendukung, serta potensi ekonomi menjadi fokus utama yang diperhatikan.

Baca juga: DPMD Kapuas ingatkan pemdes susun RKPDes mengacu pada RPJMDes

Ia menekankan pentingnya pendekatan berkelanjutan dalam pembangunan destinasi wisata ini. Vitrianson menyatakan selain meningkatkan perekonomian lokal, rencana ini juga harus mampu menjaga kelestarian lingkungan alam Pulau Telo.

Oleh karena itu, segala bentuk pembangunan dirancang sedemikian rupa agar tidak merusak ekosistem yang ada, serta tetap mempertahankan keunikan dan keindahan alami pulau tersebut.

Selain itu, pemerintah juga berencana melibatkan masyarakat setempat dalam proses pembangunan dan pengelolaan destinasi wisata ini.

Partisipasi aktif masyarakat diharap menciptakan rasa memiliki dan tanggung jawab bersama untuk menjaga keberlanjutan wisata Pulau Telo.

Dengan demikian, pembangunan ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga memperkuat peran masyarakat dalam menjaga dan mengembangkan potensi wisata daerah.

Rencana pembangunan destinasi wisata Pulau Telo ini diharap menjadi salah satu ikon pariwisata Kabupaten Kapuas yang menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Jika berhasil, Pulau Telo tidak hanya akan menjadi destinasi wisata unggulan di Kapuas, tetapi juga berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya,” demikian Vitrianson.

Baca juga: Bersama Erlin-Alberkat, pengembangan kaum muda Kapuas diyakini makin baik

Baca juga: Erlin Hardi bersama kaum muda di Kapuas 'Ngobras' pendidikan dan olahraga

Baca juga: DPMD Kapuas dukung program Dashat Pemdes Wargo Mulyo