Jaga stabilitas pasokan dan harga, Pemkab Gumas gelar GPM di tiga desa

id pemkab gunung mas, pj bupati gumas herson b aden, gerakan pangan murah, gpm, kuala kurun

Jaga stabilitas pasokan dan harga, Pemkab Gumas gelar GPM di tiga desa

Pj Bupati Gumas Herson B Aden memantau pelaksanaan GPM di Desa Tumbang Miwan Kecamatan Kurun, Senin (21/10/2024). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di tiga desa, guna menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok.
 
Kepala DPKP Gumas Eigh Manto saat dihubungi dari Kuala Kurun, Selasa, mengatakan bahwa GPM dilaksanakan di tiga desa yakni Tumbang Miwan Kecamatan Kurun, serta Tumbang Empas dan Tuyun Kecamatan Mihing Raya.
 
“GPM dilaksanakan di tiga desa tadi pada Senin (21/10). Khusus di Tumbang Miwan sekaligus untuk mendukung peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tingkat kabupaten,” ungkapnya.
 
GPM dilaksanakan bekerja sama dengan Perum BULOG Kuala Kurun. Ada beragam bahan pokok yang dijual, dengan harga harga yang lebih murah antara Rp1.000 hingga Rp5.000 jika dibandingkan dengan harga pasaran.
 
Adapun komoditas yang tersedia selama pelaksanaan GPM di tiga desa tadi antara lain beras SPHP, minyak goreng, gula, bawang merah, bawang putih, dan ikan patin segar.

Baca juga: DPRD Gumas berharap besar kepada kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran
 
Mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gumas itu juga berharap GPM dapat menjaga stabilitas dan ketersediaan pangan, serta keterjangkauan harga pangan di Tumbang Miwan, Tuyun, dan Tumbang Empas.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Ketahanan Pangan di DPKP Gumas Frinetha menambahkan, secara keseluruhan beras SPHP yang tersedia saat GPM di tiga desa adalah sebanya 100 sak 5 kilogram (kg), yang dijual Rp62 ribu per sak.
 
Lalu ada 115 liter minyak goreng yang dijual Rp18 ribu per liter, 175 kg gula yang dijual Rp17 ribu per kg, 70 kg bawang merah yang dijual Rp14 ribu hingga Rp16 ribu per 0,5 kg, 40 kg bawang putih yang dijual Rp19 ribu-Rp20 ribu per 0,5 kg, dan 112 kg ikan patin yang dijual Rp28 ribu per kg.
 
Sebelumnya, Penjabat Bupati Gumas Herson B Aden menyatakan pemkab akan gencar melakukan GPM, di berbagai desa/kelurahan di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.
 
“Melalui GPM di berbagai lokasi, pemerintah hadir lebih dekat ke masyarakat, dan masyarakat pun mendapatkan pangan pokok dengan harga lebih murah serta berkualitas,” demikian Herson.

Baca juga: KPU agendakan dua kali debat paslon Pilkada Gumas, berikut jadwalnya

Baca juga: Puluhan warga manfaatkan layanan kesehatan saat Harganas di Gumas

Baca juga: DPRD Gumas berharap Kampung Keluarga Berkualitas ciptakan desa bebas narkoba