RSUD Tamiang Layang segera buka Poli Jantung dan Poli Saraf

id RSUD Tamiang Layang segera buka Poli Jantung dan Poli Saraf, kalteng, bartim, Barito Timur, kesehatan

RSUD Tamiang Layang segera buka Poli Jantung dan Poli Saraf

Direktur RSUD Tamiang Layang, dr Vinny Safari, MM. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah akan membuka dua poli klinik layanan kesehatan yang baru.

“Ya betul ada dua poli baru, yakni Poli Jantung dan Poli Saraf,” kata Direktur RSUD Tamiang Layang dr Vinny Safari di Tamiang Layang, Jumat.

Menurutnya, dua poli tersebut direncanakan akan mulai memberikan pelayanan kesehatan pada pekan pertama November 2024.

Pelayanan di Poli Jantung diberikan berkaitan dengan diagnosis, perawatan medis, serta sekaligus konseling pada pada pasien gangguan jantung. Sedangkan poli saraf atau poli neurologi melayani pemeriksaan, konsultasi, dan diagnosis penyakit saraf.

Contoh layanan yang dapat dilakukan di poli saraf, antara lain pemeriksaan penyakit stroke dan epilepsi, Pemeriksaan Electroencephalography (EEG), Pemeriksaan Transcranial Magnetic Stimulation (TMS), Penanganan nyeri terkait gangguan saraf, analisis cairan serebrospinal.

Baca juga: Berikut perkembangan kesiapan KPU Bartim jelang Pilkada 2024

Dokter saraf atau spesialis neurologi menangani berbagai keluhan terkait gangguan saraf, seperti, Penyakit Parkinson, Penyakit Alzheimer, Kejang, Demensia, Cedera otak, Migrain, Tremor atau tubuh gemetaran, Saraf terjepit, Gangguan autoimun yang menyerang saraf, Infeksi otak, seperti ensefalitis, meningitis, dan abses otak.

“Saat ini kami fokus membenahi pada penyediaan sarana medis untuk dua poli tersebut,” kata dr Vinny.

Tersedianya pelayanan Poli Saraf dan Poli Jantung merupakan terobosan atas kerjasama RSUD Tamiang Layang dan RSUD Jaraga Sasameh Buntok. Dengan adanya kerjasama (MoU) antar rumah sakit ini diharapkan akan memberikan dampak meningkatnya pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

“Dua poli tersebut nanti akan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan. Pelayanan akan dilakukan satu kali selama sepekan atau satu minggu sekali,” demikian dr Vinny.

Baca juga: Pemkab Bartim tertibkan reklame belum bayar pajak

Baca juga: Sekda Bartim tegaskan sinergi pemda dan DPRD Bartim tetap solid

Baca juga: KPU Bartim siap gelar debat perdana Pilkada 2024