Bangunan bekas hotel di Kapuas ludes tebakar

id bekas hotel di kapuas terbakar,kapuas,kalteng,hotel terbakar

Bangunan bekas hotel di Kapuas ludes tebakar

Kebarakan sebuah bangunan bekas hotel di Kuala Kapuas, Sabtu (26/10/2024). ANTARA/ All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kebakaran hebat melanda sebuah bangunan bekas penginapan hotel di kawasan Jalan Suprapto, Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, pada Sabtu (26/10) sekitar pukul 17.15 WIB ludes terbakar.

“Diperkirakan kejadian sekitar pukul 17.15 WIB, api diketahui sudah membumbung tinggi disertai dengan asap pekat diatas bangunan,” kata salah satu warga sekitar, Amad kepada wartawan.

Api yang berkobar dengan cepat membakar habis bangunan tua tersebut, membuat warga sekitar panik dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Para petugas pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi dalam waktu singkat untuk mencoba mengendalikan api.

Baca juga: Kebakaran kembali terjadi, warga Kapuas diminta tingkatkan kewaspadaan

Kepulan asap tebal terlihat membubung tinggi dari lokasi kejadian, menyelimuti area sekitar dengan bau hangus yang menyengat. Sebanyak belasan unit pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Kuala Kapuas serta bantuan dari relawan dikerahkan untuk memadamkan api.

Petugas mengalami kesulitan karena selain angin yang cukup kencang dan kondisi bangunan yang sudah rapuh, juga sulitnya petugas mendapatkan air, sehingga membuat api lebih mudah menyebar.

“Belum diketahui penyebab pasti kebakaranya, namun berdasarkan dugaan korsleting listrik,” katanya.

Baca juga: Kebakaran disertai ledakan hanguskan rumah warga di Kapuas

Petugas kepolisian saat ini masih berada di lokasi untuk mencari tahu pemicu utama kebakaran tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Upaya pemadam terus dilakukan oleh petugas pemadam gabungan ke lokasi bangunan yang berkontruksi semi permanen tersebut. Api dapat dipadamkan petugas satu jam kemudian, setelah petugas berjibaku memadamkan api tersebut.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas salurkan bantuan kebakaran di Desa Saka Tamiang

Belum diketahui pasti jumlah bangunan yang terbakar, saat ini petugas yang berwenang masih melakukan pendataan terhadap korban terdampak kebakaran tersebut.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada pernyataan resmi dari aparat berwenang atas musibah yang terjadi tidak jauh dekat dengan pusat perbelanjaan masyarakat di Kota Kuala Kapuas tersebut.

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas salurkan bantuan kebakaran di Bataguh

Baca juga: DPRD apresiasi Pemkab Kapuas sigap tangani korban kebakaran