KPU Palangka Raya terima 223.182 surat suara Pilkada 2024

id KPU Palangka Raya terima 223.182 surat suara Pilkada 2024, kalteng, dprd Palangka rata, pilkada, Palangka raya

KPU Palangka Raya terima 223.182 surat suara Pilkada 2024

Petugas KPU Kota Palangka Raya pada saat menerima surat suara di kantor KPU Kota Palangka Raya, Senin (28/10/2024). ANTARA/HO-KPU Kota Palangka Raya.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua KPU Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Joko Anggoro mengatakan, bahwa pihaknya telah menerima sebanyak 223.182 lembar surat suara pemilihan kepala daerah 2024, pada Senin, (28/10) sekitar pukul 02.30 WIB.

"Alhamdulillah surat suara yang akan digunakan pada pemilihan gubernur Kalimantan Tengah dan wali kota Palangka Raya telah tiba di gudang KPU," katanya di Palangka Raya, Senin.

Dia menjelaskan, bahwa penjemputan surat dari Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan dikawal ketat oleh jajaran Polresta Palangka Raya, KPU dan Bawaslu.

Ketika sampai di gudang KPU, 223.182 lembar surat suara tersebut berada di dalam 114 kotak suara yang masih dalam kondisi tersegel, bahkan jumlah tersebut sudah termasuk dengan surat suara cadangan sebanyak 2,5 persen.

"Untuk diketahui, jumlah daftar pemilih tetap di Kota Palangka Raya sebanyak 217.584 yang tersebar di 415 TPS yang ada di lima kecamatan dan 30 kelurahan di Kota Palangka Raya," ucapnya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta optimalkan pelayanan publik dengan SPBE

Joko melanjutkan, bahwa dengan telah tibanya surat suara di gudang KPU Kota Palangka Raya, pihaknya selanjutnya akan melakukan penyortiran bersama tim yang akan dibentuk.

Penyortiran tersebut dilakukan untuk memilah ketika ada surat suara yang rusak atau cacat sehingga nantinya tidak digunakan pada saat proses pemilihan 27 November 2024.

"Ketika nantinya telah disortir, maka kami akan melakukan pelipatan surat suara yang juga nanti akan dibentuk tim khusus sehingga pelipatan dapat berjalan maksimal," ujarnya.

Joko menambahkan, dengan telah datangnya surat suara ini ke depan pihaknya bersama kepolisian akan lebih meningkatkan pengamanan guna menghindari adanya potensi gangguan.

Ia juga berharap seluruh tahapan pilkada 2024 di Kota Palangka Raya dapat berjalan dengan lancar sehingga nantinya dapat menciptakan pemimpin yang benar-benar adil untuk masyarakat.

"Masyarakat juga kami ingin bisa mendukung dan berpartisipasi agar menjaga pilkada yang aman dan damai. Dukunglah pasangan calon sewajarnya jangan sampai ada kericuhan di daerah ini," demikian Joko.

Baca juga: Pemuda Palangka Raya diajak tingkatkan kemampuan dan kompetensi diri

Baca juga: Warga Kalteng diminta waspadai nomor palsu mengatasnamakan Anggota DPR RI

Baca juga: Imigrasi Palangka Raya sosialisasikan peran Politeknik Imigrasi