Warga Barsel Terima Dana BLSM Tahap Dua

id Warga Barsel Terima Dana BLSM Tahap Dua

Warga Barsel Terima Dana BLSM Tahap Dua

Ilustrasi antrian pencairan dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat(BLSM), (ANTARA FOTO/Syaiful Arif) Istimewa

Sedangkan untuk pencairan dana BLSM dilima kecamatan lainnya diwilayah Barsel masih belum dilaksanakan dan akan kita bayarkan dalam waktu dekat ini sesuai dengan jadwal,"
Buntok, Kalteng 3/9 (Antara) - Sebanyak 2.837 Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah menerima dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap kedua.

Kepala kantor Pos Buntok, Zainal Alamsyah, di Buntok, Selasa mengatakan pencairan dana BLSM dilaksanakan pihaknya dari tanggal 2 September 2013 kemaren.

"Tiap RTS menerima jatah dua bulan langsung yakni Rp300.000," ungkapnya.

Dikatakan Zainal, tempat pencairan dana kompensasi kenaikan bahan bakar minyak (BBM) untuk kecamatan Dusun Selatan telah mereka siapkan didepan kantor pos Buntok.

"Sedangkan untuk pencairan dana BLSM dilima kecamatan lainnya diwilayah Barsel masih belum dilaksanakan dan akan kita bayarkan dalam waktu dekat ini sesuai dengan jadwal," ucapnya.

Ia menjelaskan, penerima BLSM dikecamatan Dusun Selatan sebanyak 730 RTS, kecamatan Dusun Utara sebanyak 515 RTS dan kecamatan Dusun Hilir berjumlah sebanyak 598 RTS.

"Untuk kecamatan Karau Kuala berjumlah sebanyak 583 RTS, kecamatan Gunung Bintang Awai sebanyak 267 RTS dan kecamatan Jenamas berjumlah sebanyak 144 RTS," bebernya.

Menurutnya, jumlah penerima BLSM tahap pertama dengan tahap kedua berbeda, untuk tahap pertama berjumlah sebanyak 2.829 RTS, sedangkan tahap kedua sebanyak 2.837 RTS.

Hal tersebut karena ada 8 RTS dikecamatan Gunung Bintang Awai yang hanya mendapatkan Kartu perlindungan sosial (KPS), namun mereka tidak masuk dalam daftar sebagai penerima dana BLSM pada tahap pertama.

"Setelah dilakukan pengecekan kembali terhadap data tersebut ke pusat ternyata kedelapan RTS itu memang masuk sebagai penerima BLSM sehingga jumlah penerima dana BLSM tahap kedua ini bertambah delapan RTS," demikian kata Zainal Alamsyah.




(T.KR-BYU/B/B012/B012)