Awang-Mukmin menangi Pilgub versi hitung cepat

id Pasangan 'incumbent' Awang Faroek Ishak-Mukmin Faisyal

 Awang-Mukmin menangi Pilgub versi hitung cepat

Pasangan 'Incumbent' Awang Faroek Ishak-Mukmin Faisyal, (Ist)

Dari pengalaman kami (LSI-CPI) pada pilkada di sejumlah, hasil hitung cepat tersebut tidak jauh berbeda dengan KPU yakni tidak lebih dari satu persen,"
Samarinda (ANTARA News) - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 1 Awang Faroek Ishak-Mukmin Faisyal memenangi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2013-2018 dengan meraih 42,49 persen versi hasil hitung cepat.

Kepastian tersebut diperoleh berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) bekerja sama dengan Citra Publik Indonesia di Samarinda, Selasa sore.

Sedangkan pasangan nomor urut 2 Farid Wadjdy-Aji Sofyan Alex hanya meraih 20,79 persen dan pasangan nomor urut 3 Imdaad Hamid-Ipong Muchlissoni meraih dukungan suara 36,27 persen.

"Berdasarkan data yang masuk hingga Selasa sore pukul 15.47 Wita, sample yang kami terima sudah mencapai 98,33 persen dengan persentase perolehan suara, pasangan Awang Faroek-Mukmin Faisyal meraih 42,49 persen, kemudian suara terbanyak kedua diraih pasangan Imdaad Ipong Muchlissoni dengan 36,73 persen dan pasangan Farid Wadjdy-Sofyan Alex hanya 20,8 persen," ungkap Direktur CPI, Hanggoro CP, kepada wartawan.

Hasil hitung cepat itu, kata Hanggoro CP, dilakukan dengan mengambil 300 tempat pemungutan suara (TPS) sebagai sampel yang tersebar secara proporsional dan dipilih secara acak di seluruh Provinsi Kaltim dan Kalimantan Utara.

"Dari 2.793.729 pemilih dengan 8.82 TPS, kami mengambil sampel 300 TPS sebagai sampel yang tersebar secara proporsional di seluruh kabupaten/kota di Kaltim dan Kaltara," katanya.

"Berdasarkan hasil hitung cepat dengan data sampel yang masuk sudah mencapai 98,33 persen tersebut maka bisa dipastikan, pasangan Awang Faroek-Mukmin Faisyal, unggul dbianding dua pasangan lainnya. Dari pengalaman kami (LSI-CPI) pada pilkada di sejumlah, hasil hitung cepat tersebut tidak jauh berbeda dengan KPU yakni tidak lebih dari satu persen," kata Hanggoro CP.

(A053/A041)