FPTI Barito Utara Gelar Kejurnas III

id FPTI Barito Utara Gelar Kejurnas III

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pengurus cabang Federasi Panjat Tebing Indonesia Barito Utara, Kalimantan Tengah, menggelar kejuaraan nasional panjat tebing "Bupati Batara Open Wall Climbing III pada 23-24 Mei 2015.

"Kegiatan ini akan diikuti sejumlah atlet panjat tebing dari beberapa daerah di Tanah Air," kata Ketua Umum FPTI Barito Utara, Muhtaram di Muara Teweh, Kamis.

Menurut dia, kompetisi yang akan dibuka Bupati Barito Utara, Nadalsyah ini siap digelar di kawasan Jalan Pegunungan Muller komplek Taman Rekreasi Remaja Muara Teweh.

Atlet-atlet yang telah mendaftar sampai saat ini sudah ada dari beberapa provinsi seperti Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Bali, Sulawesi, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan serta sejumlah kabupaten di Kalteng.

"Kejurnas FPTI merupakan event tertinggi untuk kejuaraan panjat tebing di Indonesia atau berbintang lima yang selama ini rutin diselenggara setahun sekali di sejumlah kota," katanya.

Kelas yang dilombakan meliputi perorangan putra dan putri tingkat dificult (kesulitan) dan speed (kecepatan) dengan papan panjat berstandar nasional Muara Teweh ini memiliki karakteristik berbeda dengan dinding panjat di event nasional lainnya yang pernah digelar sejumlah daerah di Tanah Air.

Atlet nasional yang akan mengikuti event kejurnas diantaranya Afif dari malang, Jawa Timur, Eka Bayu dari Kaltim, Emi Jainah DKI Jakarta dan Hj Wilda Jatim.

"Saat ini sejumlah atlet luar daerah sudah mulai berdatangan ke Muara Teweh," ujar Muhtaram.

Sebelumnya Barito Utara pernah menggelar event kejurnas pertama pada November 2008, kedua Desember 2009 dan ketiga tahun 2015.