Disperkanak Pastikan Persediaan Hewan Kurban Cukup

id Disperkanak Pastikan Persediaan Hewan Kurban Cukup, Sugiyanto, hewan qurban

Disperkanak Pastikan Persediaan Hewan Kurban Cukup

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), Disperkanak Palangka Raya, Sugiyanto. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

....Kami juga pastikan tidak akan kekurangan stok hewan kurban saat Idul Adha nanti,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Palangka Raya memastikan stok hewan baik sapi maupun kambing yang akan digunakan sebagai kurban pada Idul Adha 1436 H mencukupi.

"Pasokan, selain dari pedagang kurban, pemerintah juga mendatangkan sapi dan kambing dari dalam dan luar Kalimantan. Kami juga pastikan tidak akan kekurangan stok hewan kurban saat Idul Adha nanti," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), Disperkanak Kota, Sugiyanto, Sabtu.

Ia mengatakan, setidaknya sebanyak 865 sapi dinyatakan sehat dari total 879 ekor sapi yang telah diperiksa. Sementara kambing dari total 281 ekor, tercatat 278 kambing dinyatakan layak untuk kurban.

"Untuk kambing ada empat yang tidak kami rekomendasikan sebagai kurban, sementara sapi ada 14 ekor," kata Sugiyanto.

Menurut dia, jumlah kebutuhan sapi setiap tahunnya tidak mengalami lonjakan yang berarti.

Berdasarkan data, pada 2013 tercatat persediaan sapi di Palangka Raya adalah 842 ekor sementara yang dijadikan kurban tercatat 793 ekor sapi.

Pada 2014 persediaan mencapai 867 ekor dan sebanyak 809 ekor sapi yang dijadikan kurban.

Untuk kambing, pada 2013 dari total 287 ekor tercatat 265 ekor yang dikurbankan dan pada 2014 dari total 283 ekor sebanyak 255 ekor dijadikan kurban.

"Berdasarkan data pada tahun sebelumnya kami prediksi kebutuhan hewan kurban tidak akan mengalami kekurangan. Pada tahun sebelumnya tidak semua persediaan hewan dijadikan kurban dan untuk yang tidak dipotong kami sebagai stok tambahan," katanya.

Pihaknya pun menyatakan, hewan kurban aman dari penyakit menular seperti antraks. Jika pun sebagian tidak direkomendasikan pihaknya itu karena keadaan lain.

Sugiyanto juga menerangkan, setiap hewan yang dinyatakan sehat akan diberikan label khusus yang dikalungkan di bagian telinga. Masyarakat diminta tidak membeli hewan kurban yang tidak diberi label sehat.

"Saat ini kami catat 865 sapi layak kurban dan angka itu akan ditambah lagi sebanyak 43 ekor sapi yang didatangkan oleh pemerintah kota. Jika 43 ekor sapi itu nantinya layak kurban total persediaan sapi kita 908 ekor sapi dan itu sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan kurban," katanya.