Menhub Dukung Pengembangan Pelabuhan dan Bandara Sampit

id Seruyan, Kuala Pembuang, Wakil Bupati Kotim, Taufiq Mukri, PT Pelindo III, Budi Karya Sumadi, Menhub, Kalimantan Tengah, Kalteng

Menhub Dukung Pengembangan Pelabuhan dan Bandara Sampit

Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) didampingi Wakil Bupati Kotim HM Taufiq Mukri meninjau bandara dan Pelabuhan Sampit, Sabtu (18/3/17). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Kalau melihat kondisi saat ini, memang harus dikembangkan. Untuk terminal penumpang Pelabuhan Sampit, tahun ini akan direnovasi oleh PT Pelindo III dengan kapasitas 1000 penumpang...
Sampit (Antara Kalteng) - Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi menyatakan dukungannya terhadap rencana pengembangan pelabuhan dan bandara di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

"Kalau melihat kondisi saat ini, memang harus dikembangkan. Untuk terminal penumpang Pelabuhan Sampit, tahun ini akan direnovasi oleh PT Pelindo III dengan kapasitas 1000 penumpang. Arsitekturnya bagus, sesuai dengan budaya Kalimantan Tengah," kata Budi saat kunjungan kerja di Sampit, Sabtu.

Ditemani Wakil Bupati HM Taufiq Mukri dan pejabat lainnya, Budi yang tiba di Bandara Haji Asan Sampit, langsung menuju Terminal Sampit Pelabuhan Sampit. Dia melihat kondisi terminal penumpang yang rencananya akan direnovasi.

Dia mengapresiasi PT Pelindo III yang tanggap melihat kondisi terminal penumpang yang menurutnya memang sudah saatnya ditingkatkan. Jika perbaikan selesai, diharapkan akan berdampak pada kenyamanan penumpang sehingga wisatawan akan senang datang ke Sampit.

Renovasi yang rencananya dimulai usai lebaran Idul Fitri nanti itu selesai dalam waktu tidak sampai satu tahun. Renovasi terminal penumpang itu menjadi salah satu prioritas bagi Pelabuhan Sampit dan untuk mendukung program tol laut.

"Program pemerintah untuk penumpang dari Pelabuhan Sampit dan dari Pelabuhan Kumai yaitu semua subsidi. Tapi, pemerintah tetap konsisten. Walaupun subsidi tetap kita bangun," kata Budi.

Budi kemudian meninjau Terminal Bagendang Pelabuhan Sampit. Dia sangat mendukung terminal petikemas itu terus dikembangkan karena potensinya sangat besar untuk terus berkontribusi maksimal, khususnya untuk perekonomian Kotawaringin Timur dan Kalimantan Tengah.

Sebelum kembali ke Jakarta, Budi menyempatkan meninjau kondisi Bandara Haji Asan Sampit. Dia berjanji akan memperhatikan usulan pengembangan bandara itu serta dukungan agar banyak maskapai penerbangan mau beroperasi di bandara tersebut.

Wakil Bupati HM Taufiq Mukri mengaku senang karena menteri perhubungan merespons usulan-usulan yang disampaikan pemerintah daerah, diantaranya terkait peningkatan kapasitas pelabuhan, bandara, pengerukan alur dan angkutan publik.

"Untuk pengembangan bandara, menteri meminta pemerintah daerah memastikan terkait masalah lahan. Pemerintah daerah tentu menyanggupi masalah ini," kata Taufiq.

Taufiq berharap berbagai usulan yang disampaikan pemerintah daerah bisa segera disetujui dan direalisasikan. Dampaknya akan sangat besar terhadap laju perekonomian daerah dan masyarakat Kotawaringin Timur.