Damkar Palangka Raya Siaga 24 Jam Amankan KBN 2017

id Wawan Berlinson, damkar palangka raya, KBN 2017, Bumi Perkemahan Kambariat Tuah Pahoe

Damkar Palangka Raya Siaga 24 Jam Amankan KBN 2017

Wawan Berlinson. (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya menyiagakan dua regu personel guna mengamankan pelaksanaan Kemah Budaya Nasional (KBN) 2017 yang dimulai pada 17 Juli di Bumi Perkemahan Kambariat Tuah Pahoe, Palangka Raya.

"Selama pelaksanaan KBN ini, kami selaku tim damkar akan menyiagakan dua regu pemadam kebakaran. Mereka akan bertugas selama 24 jam," kata Kadis Damkar dan Penyelamatan Anwar Sanusi Umar Gayo melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Peningkatan Kapasitas SDA Wawan Berlinson di Palangka Raya, Senin.

Wawan mengatakan selain bersiaga dalam mengantisipasi potensi kebakaran, tim pemadam juga bertugas melakukan penyiraman atau pengairan di sekitar lokasi perkemahan.

"Kemungkinan cuaca saat KBN nanti cukup panas. Untuk itu, kedua tim nantinya akan bertugas melakukan antisipasi kebakaran serta penyiraman di sekitar lokasi yang dimungkinkan berdebu. Untuk penyediaan air bersih itu dilakukan pihak PDAM," katanya.

Dia menerangkan hanya disiapkan dua tim dalam pelaksanaan KBN tersebut karena terbatasnya armada yang dimiliki Damkar Kota Palangka Raya.

"Kita hanya menurunkan dua tim mengingat anggota yang lain juga harus bersiaga di markas untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran di pemukiman atau di wilayah lain di kota ini," katanya.

Pria yang juga sebagai Wakil Koordinator Bidang Perkemahan pada KBN tersebut menambahkan, tim damkar "Kota Cantik" itu akan mulai melakukan pengamanan sejak H-2 sampai H+2.

"Tim ini juga akan membuat posko sehingga personel yang bertugas dapat bekerja maksimal untuk pengamanan KBN," kata Wawan.

Saat ini Pemerintah Kota Palangka Raya selaku panitia lokal terus melakukan persiapan baik sarana maupun prasarana dalam pelaksanaan Kemah Budaya Nasional tersebut.

Berdasarkan pantauan di lokasi KBN, sejumlah bangunan yang akan digunakan untuk peserta kemah Pramuka sebagian sudah selesai namun sebagian lainnya masih dalam tahap pengerjaan.

Sedangkan untuk akses jalan menuju lokasi kemah dan di area perkemahan mulai dilakukan tahapan pengerjaan.