Pemkab Gumas Gelontorkan Rp300 Juta Untuk Beli Hewan Kurban

id hewan kurban, kabag kesra pemkab gumas, idul adha

Pemkab Gumas Gelontorkan Rp300 Juta Untuk Beli Hewan Kurban

Ilustrasi - Petugas kesehatan hewan sedang memeriksa kesehatan sapi yang akan dijual untuk hewan kurban. (Foto Antara Foto/Rendhik Andika)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) tahun ini kembali menggelontorkan dana tunai sekitar Rp 300 juta untuk pembelian hewan kurban.

Pemberian bantuan rutin dalam rangka peringatan Hari Raya Kurban atau Idul Adha itu akan disalurkan melalui lembaga dewan masjid yang nantinya diserahkan kepada panitia di sepuluh kecamatan di wilayah Kabupaten berjuluk 'Habangkalan Penyang Karuhei Tatau' itu.

Sepuluh kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Kurun, Tewah, Sepang, Mihing Raya, Rungan, Rungan Hulu, Manuhing, Manuhing Raya, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Rungan Barat.

"Dana itu diserahkan kepada lembaga Dewan Masjid. Nanti mereka yang membeli dan menentukan jumlah yang akan diberikan kepada panitia di kecamatan yang diusulkan," ungkap Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat Setda Gumas,Tito Andreas saat dibincangi awak media di ruang kerjanya, Senin (28/8/17).

Hewan kurban yang telah dibeli oleh dewan masjid, nantinya akan diperiksa dahulu kesehatannya oleh Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Gumas.

Dikatakannya, pemberian bantuan dari Pemkab itu merupakan wujud kepedulian pemerintah setempat terhadap keberadaan agama di Kabupaten Gumas.

"Kami juga rutin, memberikan bantuan kepada agama yang lain. Khususnya saat hari besar keagamaannya," kata Tito.

Ia mengharapkan, toleransi antar umat beragama di Kabupaten Gumas dapat terjalin dengan baik, dan harmonis. "Seperti yang telah tercipta sejauh ini," demikian Tito.