Petani Agar Inovatif Dalam Bercocok Tanam, Kata Kepala Distan Kotim

id petani, distan kotim, i made dikantara

Petani Agar Inovatif Dalam Bercocok Tanam, Kata Kepala Distan Kotim

I Made Dikantara (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng meminta petani daerah itu untuk lebih kreatif dan berinovasi dalam bercocok tanam.

Kepala Dinas Pertanian Kotawaringin Timur I Made Dikantara di Sampit, Rabu mengatakan, dengan sedikit lebih kreatif dan berinovasi diharapkan tidak kalah dengan petani di daerah lain, seperti Jawa.

"Petani juga harus pandai membaca peluang pasar dalam bercocok tanam agar harga jual tidak anjlok saat panen," tambahnya.

Menurut Made Dikantara, banyak peluang yang bisa dimanfaatkan petani setempat, seperti kebutuhan sayuran jenis kubis, kentang, wortel, bawang putih, bawang merah.

Selama ini jenis sayuran tersebut didatangkan dari Pulau Jawa karena jenis tanaman itu belum ada yang menanam di Kotawaringin Timur.

"Kami berharap petani bisa mencoba menanam jenis tanaman tersebut dengan harapan kedepannya bisa memenuhi kebutuhan daerah," katanya.

Made Dikantara mengaku optimis jika petani mau mencobanya pasti bisa karena jenis tanah Kotawaringin Timur tak kalah suburnya dengan tanah yang ada di Pulau Jawa.

"Contohnya seperti bawang merah setelah dicoba ditanam dan dikembangkan bisa tumbuh dengan baik hingga panen," ucapnya.

Kendati demikian, lanjutnya, tidak semua tanaman bisa ditanam di wilayah Kotawaringin Timur, untuk itu selain melihat seberapa besar kebutuhan pasar juga menyesuaikan dengan keadaan wilayah terkait jenis tanaman apa saja yang bisa ditanam.

Untuk mendorong hal tersebut, Dinas Pertanian Kotawaringin Timur sudah menyalurkan sejumlah bantuan seperti bibit dan lainnya.

Beberapa jenis tanaman yang sekarang sedang dikembangkan Dinas Pertanian yakni cabai dan bawang merah.