Bupati Pulpis : Kades Jangan takut Dalam Penggunaan Dana Desa

id Pulang Pisau, Pulpis, Bupati Pulpis, Edy Pratowo, Dana Desa, ADD, DD, Kades Jangan takut Dalam Penggunaan Dana Desa

Bupati Pulpis : Kades Jangan takut Dalam Penggunaan Dana Desa

Bupati Pulpis, H Edy Pratowo (kiri) dan Kapolres AKBP Dedy Sumarsono saling menyerahkan salinan perjanjian kerjasama tentang pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa. (Foto Bagian Protokoler Setda Pulang Pisau)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo meminta kepada kepala desa dan pengelola kegiatan di desa untuk tidak takut dan terintimidasi dalam penggunaan dana desa. Hal tersebut dikatakan Edy Pratowo usai penandatanganan perjanjian kerjasama antara setempat dengan Polres Pulang Pisau tentang pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa, Kamis (7/12). 

"Nota kesepahaman ini tujuannya adalah melakukan pengawasan dan penanganan permasalahan terkait dana desa," kata Edy Pratowo.

Edy Pratowo kerjasama yang dilakukan dipandang penting terutama dalam upaya pencegahan penyelewengan penggunaan dana desa agar di dalam pelaksanaannya bisa berjalan lebih optimal dan mencapai sasaran. Melalui nota kesepahaman ini juga untuk terwujudnya pengelolaan dana desa yang efektif, efesien dan akuntable.

Upaya penegakan hukum, kata Edy Pratowo, adalah upaya atau langkah terakhir yang dilakukan apabila terbukti ada penyimpangan atau penyalahgunaan dana desa. Pengawasan terhadap dana desa saat ini sudah ada empat lapis dan sudah berjalan dengan baik yaitu Inspektorat provinsi dan kabupaten, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), dan camat. 

Edy menambahkan, perlu diperkuat barisan untuk pencegahan korupsi dan diperangi secara bersama-sama. 

Dirinya juga menghimbau kepada pejabat dan masyarakat desa tidak perlu ragu menghubungi Satgas jika menemukan praktik korupsi atau penyimpangan penggunaan dana desa di daerahnya masing-masing.