BPJS Programkan "Grebek Pasar" Tingkatkan Pembayaran Peserta

id BPJS Kesehatan Palangka Raya, Elke Winasari, Grebek Pasar

BPJS Programkan "Grebek Pasar" Tingkatkan Pembayaran Peserta

Pegawai BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya saat mendatangi pedagang di pasar tradisional di Palangka Raya. (Istimewa)

Palanga Raya (Antara Kalteng) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Palangka Raya melaksanakan program "Grebek Pasar" sebagai upaya meningkatkan pembayaran oleh para peserta BPJS.

"Salah satu terobosan inovatif dari BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palangka Raya adalah dengan melakukan jemput bola penagihan iuran dengan kunjungan langsung di pusat-pusat keramaian, seperti di pasar tradisional," kata Kepala Cabang BPJS Kesehatan Palangka Raya Elke Winasari di Palangka Raya, Jumat.

Dia menerangkan, di antara lokasi yang dijadikan sasaran program "grebek pasar" tersebut ialah Pasar Besar, Pasar Kahayan, Pasar Malam Tjilik Riwut, Pasar Badak, Pasar PU, Pasar Rajawali, Pasar Mini Yos Soedarso.

"Kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu ini juga melibatkan mitra kerja sama BPJS Kesehatan, yaitu Kader JKN," kata Elke.

Sasaran utama kegiatan ini adalah para pedagang pasar yang masih memiliki tunggakan iuran serta para pedagang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS agar ikut program jaminan sosial kesehatan tersebut.

Terlebih lagi, saat ini tingkat pembayaran iuran Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) JKN-KIS di Kota Palangka Raya di bawah 50 persen sehingga perlu dilakukan upaya-upaya ekstra untuk meningkatkan kolektabilitas iuran tersebut.

"Program Grebek Pasar tersebut juga sebagai wujud komitmen BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya dalam memberikan kemudahan pembayaran iuran bagi peserta JKN-KIS yang berada di lokasi pasar tradisional," katanya.

Dia pun berharap, dengan adanya kegiatan ini masyarakat semakin sadar tentang manfaat program JKN-KIS serta manfaat ketepatan pembayaran iuran sebagai peserta.

"Selain untuk meningkatkan kolektabilitas iuran, kegiatan ini diselenggarakan juga untuk memberikan edukasi tentang JKN-KIS kepada masyarakat dan memudahkan masyarakat apabila akan membayar atau mendaftar menjadi peserta JKN-KIS," katanya.