Anggaran Terbatas, FBGB Terancam Gagal Dilaksanakan

id Festival Budaya Gawi Barinjam,Sukamara,Kdisporapar Karyono, H Karyono,Disporapar

Anggaran Terbatas, FBGB Terancam Gagal Dilaksanakan

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman, saat menyumpit pada FBGB (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antaranews Kalteng) - Festival Budaya Gawi Barinjam tingkat Kabupaten Sukamara tahun 2018 terancam gagal dilaksanakan, pasalnya untuk acara tahunan tersebut Dinas Pemuda Olahraga dan Kepariwisataan Sukamara setempat tidak memiliki anggaran untuk acara tersebut. 

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Kepariwisataan (Disporapar) Sukamara, H Karyono, Selasa mengatakan tidak digelarnya FBGB pada tahun 2018 lantaran keterbatasan anggaran, sehingga diambil keputusan Festival Budaya tidak dilaksanakan.

"Untuk mengambulkan keputusan ini memang sulit, namun jika tetap memaksakan menggelar kegiatan FBGB ini, maka kegiatan lain tidak akan terlaksana. Sebab kegiatan lain merupakan kegiatan prioritas juga," kata Karyono.

Menurutnya, walaupun pelaksanaan FBGB tidak dilaksanakan, akan tetapi tidak serta merta Kabupaten Sukamara tidak mengirim kontingen pada pelaksanaan Festival Isen Mulang, pemerintah tetap mendapat kontingen terbaik dengan melakukan seleksi langsung ke kecamatan.

"Kita akan jemput bola, kita juga tidak asal tunjuk siapa yang akan dikirim untuk ke Festival Isen Mulang, karena ini membawa nama daerah, sehingga seleksi tetap kita laksanakan di kecamatan-kecamatan," ungkap Karyono

Dikatakannya, FBGB selalu digelar oleh Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Dinas setempat untuk menyeleksi kontingen yang akan dikirim ke tingkap provinsi, namun kurangnya anggaran untuk pelaksanaan ditingkat kabupaten, sedangkan untuk mengirim kontingen tetap dianggarkan.

"Kita berusaha tetap menjalankan semua program baik yang ada dibidang kepariwisataan dan pemuda olahraga, walaupun dengan keterbatasan anggaran. Pelaksanaan seleksi tidak diaksanakan, tetapi untuk ke Isen Mulang kita tetap ikut" ucap Karyono.