Legislator Barsel apresiasi penerbangan terjadwal di Bandara Sanggu Buntok

id DPRD Barsel, Tamarzam,Bandara Sanggu Buntok

Ketua DPRD Barito Selatan, Tamarzam saat diwawancarai wartawan. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Ketua DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Tamarzam mengapresiasi penerbangan terjadwal dua kali setiap pekan di Bandara Sanggu Buntok.

"Penerbangan dari Buntok menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sangat mendukung perkembangan investasi daerah ini," katanya, di Buntok, Selasa.

Menurut dia, penerbangan ini akan berdampak positif mempercepat kemajuan perekonomian Kabupaten Barito Selatan yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus.

"Karena mobilitas keluar masuk penduduk akan lebih cepat dibandingkan melalui akses darat," kata politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Barito Selatan itu.

Dengan demikian lanjut Tamarzam, maka perkembangan ekonomi, sosial budaya, maupun dari sektor pariwisata, dan sektor lainnya akan berkembang dengan lebih cepat lagi.

Ia berharap kepada masyarakat yang ada di wilayah kabupaten Barito Selatan ini agar bisa memanfaatkan penerbangan rute Buntok menuju Banjarmasin tersebut.

Menurut dia, penerbangan tersebut merupakan subsidi dari Anggaran Pendapatan, dan Belanja Negara (APBN) melalui Kementerian Perhubungan.

"Subsidi penerbangan di rute ini akan berlangsung selama 53 kali atau selama 6,5 bulan saja," ucap Tamarzam.

Ia mengatakan, supaya penerbangan ini bisa terus berjalan, pihaknya bersama dengan Pemkab Barito Selatan akan memikirkan kembali solusinya.

"Kita mengharapkan kepada pihak perusahaan swasta dapat menggunakan Bandara Sanggu Buntok ini, sehingga penerbangan ini nantinya bisa terus berkelanjutan," harap ketua DPRD Barito Selatan itu.

Berdasarkan berita sebelumnya, untuk rute penerbangan jurusan Buntok-Banjarmasin pulang-pergi dijadwalkan dua kali dalam seminggu yakni pada Senin, dan Jumat.

Keberangkatan dari Banjarmasin menuju ke Buntok dijadwalkan pada pukul 11.45 WITA, sedangkan keberangkatan dari Buntok menuju Banjarmasin pada pukul 11.50 WIB.

Harga tiket sekali penerbangan untuk jurusan tersebut berkisar pada Rp350 ribu hingga Rp400 ribu.

Adapun jarak tempuh penerbangan menggunakan pesawat jenis Cessna Grand Caravan dari Bandara Sanggu menuju ke Bandara Samsuddin Noor Banjarmasin sekitar 55 menit.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar