Bupati Eddy Raya ajak masyarakat Barsel gemar membaca

id Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri ,Barsel,gemar membaca

Bupati Eddy Raya ajak masyarakat Barsel gemar membaca

Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mengajak masyarakat di wilayah setempat agar gemar membaca buku.

"Banyak membaca buku, seseorang akan memperoleh wawasan dan cakrawala berpikir yang luas," katanya di Buntok, Kamis.

Karena lanjut Bupati Barito Selatan itu, buku menjadi sesuatu yang penting keberadaannya dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat.

"Melalui kegiatan membaca, maka ilmu pengetahuan berkembang dari masa ke masa akan bisa diketahui, sehingga seseorang akan memiliki wawasan luas yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan," ujarnya.

Baca juga: Puluhan siswa di Barsel ikuti lomba bercerita

Oleh karena itu ia mengharapkan agar kebiasaan membaca itu tumbuh dari diri sendiri, kemudian dilanjutkan ditengah keluarga untuk memperkenalkan sedini mungkin budaya membaca bagi anak-anak.

"Peran keluarga menempati posisi sentral dalam pembentukan kebiasaan membaca seorang anak," tambah Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri.

Menurut dia, pemerintah daerah akan terus mendorong agar masyarakat mau membaca dengan menyiapkan perpustakaan, dan taman bacaan yang cukup, sesuai, dan menarik.

"Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 43/2007 pasal 7 ayat (1) e yakni menggalakan promosi gemar membaca, dan manfaatkan perpustakaan perpustakaan," kata dia.

Selain itu juga melaksanakan kegiatan-kegiatan diantaranya seperti mengadakan lomba bercerita, dan menyiapkan buku pada perpustakaan disetiap desa.

"Hal itu semua tujuannya untuk terus mendorong agar masyarakat di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini gemar membaca buku," demikian kata Eddy Raya Samsuri.