Pemprov diminta perhatikan serius kendala penunjang UNBK SMA Gumas

id DPRD gumas,iswan b Guna,UNBK SMA

Pemprov diminta perhatikan serius kendala penunjang UNBK SMA Gumas

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Gumas Iswan B Guna. (Istimewa)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Legislator Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Iswan B Guna mengatakan, penunjang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tingkat SMK dan SMA sederajat perlu mendapat perhatian serius dari Pemerintah Provinsi, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kalteng untuk masa mendatang.

Apalagi, dalam pelaksanaan UNBK tingkat SMK maupun SMA di Kabupaten Gumas, masih banyak sekolah yang tidak dapat melaksanakan UNBK secara mandiri, lantaran terkendala masalah penunjang, yakni berkaitan dengan sarana dan prasarana.

"Jadi, intinya. Diharapkan, kepada Dinas Dikbud Provinsi Kalteng, untuk segera menyelesaikannya di tahun depan, dengan memperhatikan skala prioritas, khususnya di daerah ini," katanya, Selasa.

Menurut Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Gumas itu, Dinas Dikbud Provinsi Kalteng harus secara bertahap memperhatikan apa yang menjadi skala prioritas SMA/SMK di daerah masing-masing, khususnya di Kabupaten Gumas.

"Mereka (Dinas Dikbud Provinsi Kalteng, Red) kita sarankan untuk sebaiknya melihat langsung keadaan di lapangan, dan jangan hanya merancang di atas meja saja," ujarnya.

Politikus Partai Demokrat ini menginginkan seluruh SMA dan SMK sederajat di Kabupaten Gumas dapat melaksanakan UNBK secara mandiri di sekolah masing-masing, sehingga tidak ada lagi peserta UNBK yang harus menginap di kota lain saat pelaksanaan ujian.

"Kan kasihan peserta didik yang harus menginap di kota lain untuk mengikuti pelaksanaan UNBK. Semoga kedepan semua SMA/SMK dapat melaksanakan UNBK secara mandiri, sehingga tidak perlu lagi menginap di kota lain," tandasnya.

Legislator yang berasal dari daerah pemilihan (dapil) I mencakup Kecamatan Kurun, Mihing Raya, dan Sepang ini menambahkan. Dengan keterbatasan sarana dan prasarana tersebut, peserta UNBK di seluruh Kabupaten Gumas dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.

"Meskipun pelaksanaan UNBK ini merupakan hal yang baru bagi sebagian besar sekolah di Kabupaten Gumas, kita harus optimis bahwa peserta didik kita mampu meraih hasil yang memuaskan," demikian Iswan B Guna.