58 SMP/MTs di Gumas laksanakan ujian nasional

id UN SMP,disdikbud gumas, hm rusdi

Kepala Disdikbud Kabupaten Gumas HM Rusdi (tengah), didampingi Sekretaris Brikson (ujung kiri), Kepala SMPN 1 Kurun Ina Marita (ujung kanan), berbincang dengan peserta didik SMPN 1 Kurun yang baru saja selesai melaksanakan UNBK, Senin (23/4) . (Foto Antara Kalteng/Jemmy Kamis)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 58 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), negeri maupun swasta se-Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melaksanakan Ujian Nasional (Unas) tahun pelajaran 2017/2018, dengan jumlah peserta tercatat ada 2.119 siswa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Gumas HM Rusdi kepada awak media, Senin 923/4/18) mengatakan, dari 58 SMP/MTs, 18 sekolah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dan 40 sekolah masih menggunakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

"Hari ini, kita melakukan pemantauan di sejumlah sekolah, yakni SMP Katolik, SMPN 1 Kurun, SMPN 1 dan SMPN 3 Tewah. Hasilnya, sejauh ini pelaksanaan unas baik itu UNBK dan UNKP berjalan baik dan lancar. Meski ada kendala jaringan listrik di SMP Katolik, namun itu bisa segera teratasi," katanya.

Pelaksanaan UNBK dan UNKP tersebut, lanjut dia, dilaksanakan selama empat hari, mulai dari 23-26 April mendatang, dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

"Untuk pengumuman kelulusannya, akan diumumkan pada 28 Mei 2018," ucapnya.

Sementara itu Kepala SMPN 1 Kurun Ina Marita mengatakan, pelaksanaan unas di SMPN 1 Kurun menggunakan sistem UNBK, yang diikuti oleh 212 peserta didik. Karena keterbatasan sarana dan prasarana, pelaksanaannya pun harus dibagi menjadi tiga sesi.

"Untuk sesi pertama, dimulai pukul 07.30-09.30 WIB, sesi kedua pukul 10.30-12.30 WIB, dan sesi ketiga pukul 14.00-16.00 WIB," katanya.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Kurun, kata dia, pihaknya didampingi oleh pihak Kepolisian Resor (Polres) Gumas, PLN Rayon Kuala Kurun, dan pihak Telkom.

”"Pendampingan ini untuk memastikan pelaksanaan UNBK bisa berjalan dengan baik dan lancar," demikian Ina Marita.
 

Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar