14 desa di Kecamatan Hanaut belum tersentuh pembangunan

id Fahruddin Anggota DPRD Kalteng,Fahruddin Wakil Ketua Komisi A DPRD Kalteng,DPRD Kalteng,Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotim,Provinsi Kalimantan ten

14 desa di Kecamatan Hanaut belum tersentuh pembangunan

Anggota DPRD Kalimantan Tengah HM Fahruddin (dua dari kanan) saat melakukan kunjungan ke Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotim, kemarin. (Foto: istimewa)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Fahruddin mengaku menerima keluhan dari seluruh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur, di wilayah tersebut sampai sekarang ini tidak tersentuh pembangunan, khususnya terkait infrastruktur jalan.

Keluhan mengenai belum tersentuh pembangunan infrastruktur jalan bukan hanya dikeluhkan 14 Kepala Desa namun juga tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat, kata Fahruddin di Palangka Raya, Rabu.

"Mereka menyampaikan kepada saya agar Pemkab Kotim ataupun Provinsi seluruh Kepala Desa membangun infrastruktur jalan dari Pulau Hanau menuju Pegatan Kecamatan Katingan Kuala, dan Pulau Hanau menuju Kecamatan Seranau tembus ke Kecamatan Cempaga," tambahnya.

Selain itu, para Kades di Kecamatan Pulau Hanaut berharap agar Terusan Hantipan dilakukan pembersihan dan pengerukan. Sebab, sekarang ini kondisi Terusan sangat kotor dan mengalami pendangkalan.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan II, meliputi Kabupaten Kotim dan Seruyan ini menyebut, permintaan masyarakat tersebut sangat penting dan mendesak untuk diperhatikan Pemkab Kotim maupun Pemprov.

"Harus diakui bahwa ketiadaan infrastruktur jalan di Kecamatan Pulau Hanaut membuat aktivitas masyarakat di 14 desa menjadi sangat terganggu dan terbatas. Ditambah lagi, Terusan Hantipan yang menjadi salah satu pendukung perekonomian mulai kotor dan dangkal," kata Fahruddin.

Pimpinan dan anggota DPRD Kalteng dari tanggal 16 hingga 22 April 2018 melakukan reses perseorangan ke daerah pemilihan masing-masing. Reses tersebut untuk menyerap aspirasi masyarakat sekaligus memantau perkembangan program yang telah dan akan dilakukan Pemprov Kalteng.

Fahruddin yang menjabat Wakil Ketua Komisi A DPRD Kalteng ini melakukan reses ke Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotim. Dalam reses tersebut terungkap bahwa di Kecamatan tersebut belum tersentuh pembangunan di bidang infrastruktur jalan.

"Hasil reses ini nantinya akan disampaikan dalam paripura, tentunya digabungkan dengan anggota DPRD Kalteng dari dapil II. Saya juga akan menyampaikan dengan Pemkab Kotim mengenai berbagai keluhan para Kades dan tokoh masyarakat di Kecamatan Pulau Hanaut," demikian Fahruddin.