Pemerintah Pusat diminta bantu atasi abrasi pantai Ujung Pandaran Sampit

id pemkab Kotim,pantai Ujung Pandaran,abrasi ,Bupati Kotawaringin Timur, Supian Hadi

Pemerintah Pusat diminta bantu atasi abrasi pantai Ujung Pandaran Sampit

Sabuk pantai yang dibangun di pantai Ujung Pandaran Kabupaten Kotim diharapkan menyelamatkan pantai dari abrasi. (Jurnalis Warga)

Abrasi objek wisata pantai Ujung Pandaran belakangan ini memang sangat parah. Bahkan sudah menyasar bibir pantai. Bahkan hingga ke aset wisata Rumah Betang
Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng minta bantuan pemerintah pusat untuk mengatasi abrasi di objek wisata pantai Ujung Pandaran Sampit.

Bupati Kotawaringin Timur, Supian Hadi, Rabu mengatakan, kalau pihaknya tengah mengajukan usulan anggaran ke pemerintah pusat untuk penanganan abrasi pantai Ujung Pandaran.

"Penanganan abrasi pantai Ujung Pandaran sudah di bahas di Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kabupaten dan nasional. Harapan kita bantuan pemerintah pusat bisa segera terealisasi," tambahnya.

Pantai Ujung Pandaran merupakan salah satu objek wisata andalan Kotawatingin Timur, sehingga penanganan abrasi harus segera di lakukan sebab jika tidak kerusakan akan semakin parah.

Selain ke pemerintah pusat, pemerintah Kotawaringin Timur juga telah melaporkan abrasi ke Gubernur Kalteng, dan Gubernur mendorong langkah pemerintah daerah dengan meminta bantuan anggaran pemerintah pusat.

"Abrasi objek wisata pantai Ujung Pandaran belakangan ini memang sangat parah. Bahkan sudah menyasar bibir pantai. Bahkan hingga ke aset wisata Rumah Betang," terangnya.

Lebih lanjut Supian Hadi mengatakan, sebelum abrasi jarak bibir pantai dengan Rumah Betang ratusan meter kini hanya tersisa beberapa meter saja. Kondisi tersebut membuktikan kerusakan pantai akibat abrasi sudah sangat parah.

Supian mengatakan, mereka mengajukan dana melalui APBN karena jika mengandalkan dana dari APBD Kabupaten Kotawaringin Timur maupun Provinsi tidak memungkinkan karena keterbatasan anggaran.

"Untuk meyakinkan pemerintah pusat, dalam pengajuan bantuan anggaran tersebut juga sudah kami sertakan foto kondisi terakhir pantai Ujung Pandaran. Kami mengusulkan anggaran sebesar Rp300 miliar," tegasnya.

Bupati juga mengimbau kepada para nelayan yang tinggal di sekitar lokasi abrasi untuk segera pindah demi keamanan.

"Kepada nelayan sudah kita siapkan tempat khusus yang aman dari abrasi lengkap dengan rumah siap huni," demikian Supian Hadi.