Angkutan sungai agar dicek kelayakan mesinnya, kata legislator Barsel

id dprd barsel, tamarzam, angkutan sungai

Angkutan sungai agar dicek kelayakan mesinnya, kata legislator Barsel

Ketua DPRD Barito Selatan, Tamarzam saat diwawancarai wartawan. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Ketua DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Tamarzam mengingatkan kepada angkutan sungai agar mengecek kelayakan mesin armadanya secara rutin.

Hal ini penting supaya perjalanan bisa aman, dan lancar, mengingat jumlah penumpang akan mengalami peningkatan saat Ramadhan, dan menjelang lebaran nantinya, katanya, di Buntok, Kamis.

Karena lanjut dia, kalau mesin angkutan sungai tidak dilakukan pengecekan secara rutin, apabila mesin macet, maka speedboat, atau kelotok akan terbawa arus, dan bisa membahayakan bagi keselamatan penumpang.

"Kita juga mengingatkan angkutan sungai agar jangan membawa penumpang melebihi kapasitas dari izin trayek yang telah ditentukan.

"Kalau melebihi kapasitas bisa membahayakan bagi keselamatan bagi penumpang," ujar Tamarzam.

Menurut dia, setiap angkutan sungai sudah ada batas penumpang yang bisa dibawa dalam setiap kali keberangkatan.

Ia mengharapkan pemilik angkutan sungai di wilayah Barito Selatan ini agar mengindahkan demi keselamatan, dan kepada petugas pelabuhan diminta untuk mengecek jumlah penumpang dalam setiap kali keberangkatan.

"Kita juga meminta angkutan sungai berupa kelotok agar melarang penumpangnya naik ketas atap, sebab apabila kondisi miring, kelotok bisa terbalik," tambah dia.

Selain itu ia juga mengingatkan kepada pemilik angkutan sungai agar terus membawa peralatan keselamatan berupa baju pelampung, dan pelampung pada armada angkutan sungainya.

Fasilitas keselamatan bagi para penumpang ini diminta supaya terus dibawa pada armada angkutan sungai, karena Dinas Perhubungan Barito Selatan beberapa waktu lalu telah membagikan fasiltas keselamatan kepada pemilik angkutan sungai.

"Pelampung keselamatan itu sangat penting disiapkan, karena bisa digunakan para penumpang apabila terjadi kecelakaan disungai," demikian kata Ketua DPRD Barito Selatan, Tamarzam.