Safari Ramadhan, Bupati Supian Hadi memulai dari kawasan pelosok

id Bupati Supian Hadi memulai dari kawasan pelosok,Safari Ramadhan,Supian Hadi

Safari Ramadhan, Bupati Supian Hadi memulai dari kawasan pelosok

Bupati Kotim H Supian Hadi memberi sambutan saat Safari Ramadhan di Desa Tumbang Penyahuan Kecamatan Bukit Santuai, Selasa (22/5/2018). (Foto Protokol Kotim)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi memulai kunjungan Safari Ramadhan 1439 Hijriah dengan bersilaturahmi kepada masyarakat yang tinggal di daerah pelosok.

"Hari ini Safari Ramadhan dimulai dan kami memilih Kecamatan Bukit Santuai sebagai lokasi pertama. Lokasinya cukup jauh, makanya menjadi prioritas untuk kami datangi lebih dulu," kata Supian di Sampit, Selasa.

Untuk mencapai Kecamatan Bukit Santuai, rombongan membutuhkan waktu tempuh sekitar lima jam dari Sampit. Perjalanan melelahkan ini menjadi tantangan tersendiri bagi rombongan yang sedang menjalankan ibadah puasa karena tenaga cukup terkuras, apalagi cuaca cukup terik.

Safari Ramadhan dilaksanakan di Masjid Ibtidaiyah Desa Tumbang Penyahuan. Selain dihadiri masyarakat Kecamatan Bukit Santuai, silaturahmi ini juga diikuti masyarakat dari Kecamatan Mentaya Hulu karena lokasi dua kecamatan ini berdampingan.

Untuk melaksanakan safari Ramadhan di 17 kecamatan yang ada di Kotawaringin Timur, membutuhkan waktu dan tenaga. Karena itulah, safari di beberapa kecamatan yang lokasinya berdekatan, digabung di satu lokasi agar lebif efektif.

Safari Ramadhan di kecamatan-kecamatan kawasan Utara dilaksanakan bergiliran sejak hari ini hingga Kamis (24/5) nanti. Selama itu, Supian dan rombongan akan menginap dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya untuk mengefektifkan waktu karena akan terasa berat jika harus bolak-balik ke Sampit dengan kondisi medan yang cukup berat dan melelahkan.

Rabu (23/5), safari Ramadhan akan dilaksanakan di Masjid Nurul Jannah Desa Tanjung Harapan Kecamatan Telaga Antang. Safari akan diikuti masyarakat dari Kecamatan Telaga Antang, Antang Kalang dan Tualan Hulu.

Safari Ramadhan di kawasan Utara akan ditutup di Masjid Nurul Hidayah Desa Karang Sari Kecamatan Parenggean. Selanjutnya rombongan kembali ke Sampit.

Safari Ramadhan dilanjutkan ke kawasan Selatan, yakni pada 30 Mei di Masjid Nurul Haq Desa Bapinang Hilir Kecamatan Pulau Hanaut. Kegiatan ini juga akan diikuti masyarakat dari Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Selanjutnya, safari Ramadhan dilaksanakan di Desa Bagendang Hilir Kecamatan Mentaya Hilir Utara pada 31 Mei. Kegiatan juga akan diikuti masyarakat dari Kecamatan Teluk Sampit.

Safari Ramadhan untuk masyarakat Kecamatan Kotabesi dan Telawang akan dilaksanakan pada 6 Juni di Masjid Nurul Iman Kecamatan Telawang. Safari Ramadhan untuk Kecamatan Cempaga dan Cempaga Hulu dilaksanakan pada 7 Juni di Masjid Al Muslimun Desa Cempaka Mulia Barat Kecamatan Cempaga.

Untuk kawasan Kota Sampit, safari Ramadhan untuk masyarakat Kecamatan Baamang dan Seranau akan dilaksanakan pada 8 Juni di Masjid Al Hadi Muttaqin Kecamatan Baamang.

Safari Ramadhan penutup tahun ini akan dilaksanakan di Masjid Noor Dzakirin Desa Eka Bahurui Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Selanjutnya saat lebaran nanti, bupati akan menggelar `open house` untuk menjamu masyarakat yang ingin datang bersilaturahmi.

"Safari Ramadhan ini bukan sekadar rutinitas seremonial. Banyak hal positif yang didapat. Selain bersilaturahmi, kami bisa mendengar aspirasi dan masukan berbagai hal dari masyarakat. Melalui kesempatan itu, kami juga bisa menyampaikan program pembangunan dengan harapan mendapat dukungan masyarakat," kata Supian.

Supian mengajak seluruh masyarakat meningkatkan kerukunan, persaudaraan dan kekompakan agar Kotawaringin Timur selalu aman dan kondusif. Masyarakat diimbau tidak mudah terhasut dan terprovokasi oleh ujaran-ujaran kebencian yang bisa mengadu-domba dan memecah-belah persatuan.