2.000 paket sembako murah disalurkan untuk masyarakat Kotim

id 2.000 paket sembako murah disalurkan untuk masyarakat Kotim,Pasar murah,Pemkab Kotim,Tahir

2.000 paket sembako murah disalurkan untuk masyarakat Kotim

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kotim mendistribusikan sembako murah untuk warga kurang mampu di Kecamatan Parenggean, Rabu (23/5/2018). (Istimewa)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mendistribusikan 2.000 paket sembako murah membantu masyarakat kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan, khususnya selama Ramadhan.

"Kegiatan dilaksanakan selama empat hari, dimulai Senin lalu. Untuk masalah teknis pendataan penerima, itu kami serahkan kepada pihak kecamatan karena mereka yang lebih tahu siapa saja yang berhak menerima sembako murah ini," kata Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kotawaringin Timur, HM Tahir di Parenggean, Rabu.

Pendistribusian sembako murah itu dilakukan melalui pasar murah yang dibiayai Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur. Ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pemerintah daerah untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok, khususnya umat Islam yang menjalankan ibadah puasa.

Tahun ini ada empat kecamatan yang menjadi tempat pelaksanaan pasar murah tersebut, yaitu Kecamatan Kotabesi, Cempaga, Parenggean dan Mentaya Hilir Utara. Setiap kecamatan mendapat alokasi 500 paket sembako murah.

Setiap paket berisi beras 10 kg, minyak goreng 2 kg, gula pasir 2 kg, mie instan lima bungkus dan satu kaleng susu. Nilai barang dalam setiap paket sembako murah itu Rp200.000, namun warga hanya membayar Rp150.000 karena Rp Rp50.000 disubsidi oleh pemerintah daerah.

Pemerintah berharap sembako murah tersebut dapat meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok. Tahir mengaku bersyukur karena pasar murah tersebut disambut antusias masyarakat.

"Kami sudah meminta pihak kecamatan untuk selektif dalam menentukan warga yang menjadi penerima sembako murah ini. Tujuannya agar kegiatan ini tepat sasaran dan membawa manfaat besar bagi warga yang memang benar-benar membutuhkan," kata Tahir.

Selain 2.000 paket sembako murah yang disubsidi pemerintah kabupaten, dalam waktu dekat kemungkinan akan kembali digelar pasar murah dengan jumlah paket yang didistribusikan sebanyak 800 paket. Kali ini lokasinya dipilih di kawasan kota yaitu Kecamatan Baamang.

Sembako murah sebanyak 800 paket tersebut merupakan bantuan subsidi dari pemerintah provinsi untuk masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur. Setiap tahun memang ada bantuan dari pemerintah provinsi namun jumlahnya tidak tetap karena tergantung kemampuan anggaran daerah.

Saat ini tim sedang fokus menyelesaikan pasar murah di empat kecamatan yang akan berakhir Kamis besok. Selanjutnya, tim segera menyiapkan pasar murah yang dananya dibantu oleh pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.