Barsel miliki koperasi budidaya ikan, ini keuntungannya

id Pemkab Barsel,Barito Selatan,Barsel miliki koperasi budidaya ikan,budidaya ikan, Jonny Ngindra

Barsel miliki koperasi budidaya ikan, ini keuntungannya

Kepala Bidang Perikanan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Barito Selatan, Jonny Ngindra. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, kini sudah ada koperasi bagi pembudidaya ikan di wilayah setempat yang antara lain berfungsi menyalurkan bibit ikan ke kelompok tani.

"Koperasi tersebut yang memfasilitasi pembudidaya ikan di daerah ini," kata Kepala Bidang Perikanan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Barito Selatan, Jonny Ngindra, di Buntok, Senin.

Menurut dia, koperasi tersebut dalam rangka untuk meneruskan bantuan bibit ikan yang akan disalurkan kepada kelompok tani pembudidaya ikan di Barito Selatan.

"Karena semua penerima bantuan tersebut harus berbadan hukum," ucap Jonny Ngindra.

Ia mengatakan hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23/2014 yang mana semua penerima bantuan harus berbadan hukum.

"Bila tidak dibentuk wadah seperti kelompok tani, maka bantuan tidak bisa diserahkan," tambah Kepala Bidang Perikanan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Barito Selatan itu.

Kelompok tani tersebut di bawah koperasi, namun disayangkan koperasi pembudidaya ikan masih belum aktif berjalan. Padahal kalau aktif, tentunya bisa memfasilitasi penjualan hasil budidaya ikan tersebut.

"Kalau koperasinya jalan, tentunya mereka akan mampu mencari solusi untuk menjual hasil bagi pembudidaya ikan, sehingga harga jualnya tidak merugikan pembudidaya ikan," demikian Jonny Ngindra.