Tokoh Agama apresiasi halalbihalal kebangsaan Polda Kalteng

id polda kalteng,halal bihalal polda kalteng,uskup palangka raya,PW NU Kalteng

Tokoh Agama apresiasi halalbihalal kebangsaan Polda Kalteng

Para tokoh lintas agama dan adat serta pejabat tinggi di Kalteng foto bersama saat halal bihalal yang diselenggarakan Polda Kalteng, di Huma Betang Kota Palangka Raya, Jumat (15/6/18). (Foto AntaraKalteng/Jaya W Manurung)

Mari kita tingkatkan kerukunan yang sudah terjalin sangat baik di Kalteng ini. Tanpa kerukunan dan kebersamaan serta kedamaian, sangat sulit membangun dan memajukan Provinsi Kalteng
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Para tokoh lintas Agama yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah mengapresiasi langkah Polda Kalteng bersama Pemerintah Provinsi setempat yang menggelar halalbihalal kebangsaan dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1439 H, di Huma Betang Kota Palangka Raya, Jumat.
 
Tokoh Umat Katolik, Uskup Palangka Raya Mgr Aloysius Sutrisnaatmaka MSF mengatakan, acara ini baru pertama kali dilaksanakan di Kalteng dan sangat luarbiasa karena mengumpulkan para tokoh dari berbagai agama di hari berbahagia, yakni Idul Fitri.

"Halalbihalal kebangsaan ini pun sangat bagus dibawa dalam kehidupan sehari-hari, sehingga hidupnya jauh lebih baik, lebih damai dan sejahtera untuk masyarakat di Provinsi Kalteng," kata Aloysius.

Salah seorang tokoh Islam Kalteng dari Hahdatul Ulama (NU) Kalteng, Abdul Wahid AH, juga menyambut baik halalbihalal kebangsaan yang diselenggarakan Polda dan Pemprov. Sebab, dalam Idul Fitri sangat dianjurkan untuk saling bersilaturahmi. Apalagi acara ini dihadiri para tokoh dan masyarakat dari lintas agama.

Menurut mantan Ketua PW NU Kalteng ini bahkan menyarankan agar halal bihalal kebangsaan sangat baik untuk dikembangkan dikemudian hari agar hari raya Idul Fitri. Hal itu sebagai semakin mempererat hubungan antar masyarakat dari berbagai agama.

"Mari kita tingkatkan kerukunan yang sudah terjalin sangat baik di Kalteng ini. Tanpa kerukunan dan kebersamaan serta kedamaian, sangat sulit membangun dan memajukan Provinsi Kalteng," kata Abdul Wahid.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kalteng, I Nyoman Sudyana, juga mengapresiasi acara ini karena telah mempertemukan dan bersilaturahmi secara bersama-sama seluruh tokoh lintas agama.

Dia mengatakan semoga acara ini menjadi cermin bagi semua pihak, khususnya dalam hal menerapkan 'Di mana Langit di junjung, di situ bumi dipijak', serta Bhineka Tunggal Ika.

"Saya mewakili umat hindu di Kalteng mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1439 H bagi seluruh saudara-saudara kami yang beragama Islam," kata I Nyoman.

Halalbihalal kebangsaan yang digelar di Huma Betang Kota Palangka Raya ini dihadiri Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Ketua DPRD Kalteng Rendhard Atu Narang, Wakil Ketua DPPRD Kalteng Abdul Razak, Kapolda Kalteng Brigjend Pol Anang Revandoko, Danrem 102 Panju Panjung Kolonel Inf Harnoto.

Selain itu turut hadir Wali Kota Palangka Raya Riban Satia, Wakil Wali Kota, Ketua DPRD kota Sigit K Yunianto, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Kalteng dan Kota Palangka Raya, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng, Agustiar Sabran, serta sejumlah pejabat lainnya dan ratusan masyarakat dari berbagai agama.