169 calon haji Barito Utara ikuti bimbingan manasik haji

id calon haji,manasik haji,169 calon haji Barito Utara ikuti bimbingan manasik haji,Bupati Barito Utara H Nadalsyah

169 calon haji Barito Utara ikuti bimbingan manasik haji

Bupati Barito Utara Nadalsyah foto bersama calon haji yang mengikuti manasik di Muara Teweh, Jumat (29/6/18). (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menyelenggarakan bimbingan manasik haji untuk calon jamaah haji tahun 2018 dari daerah itu yang diikuti 169 orang termasuk satu orang tim pemandu haji daerah.

"Diharapkan melalui kegiatan ini ibadah yang dilaksanakan sah, benar dan sempurna berdasarkan ketentuan syariat serta tertib, aman dan lancar di perjalanan," kata Bupati Barito Utara H Nadalsyah saat membuka kegiatan tersebut di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Nadalsyah pemerintah sebagai penanggung jawab penyelenggara ibadah haji akan selalu berupaya dengan sungguh-sungguh menyempurnakan dan meningkatkan manajemen pelaksanaan perhajian Indonesia.

Adapun yang diperlukan oleh jamaah haji antara lain meliputi pembinaan, pelayanan dan perlindungan dengan menyediakan fasilitas kemudahan, keamanan dan kenyamanan.

"Termasuk bimbingan haji yang akan kita laksanakan dan mudah-mudahan semua calon jamaah haji dapat mengikuti manasik ini dengan sebaik-baiknya," kata dia.

Bupati yang akrab disapa Koyem itu mengatakan sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Mekkah, jamaah calon haji harus mempersiapkan diri dengan bermacam-macam persiapan secara matang dan teratur, baik dalam bentuk material maupun ilmu pengetahuan yang diperlukan.

"Sehingga dalam melaksanakan ibadah haji nantinya kita akan memperoleh hasil yang baik dan memuaskan yaitu `Haji Mabrur dan Maqbul` yang diridhai oleh Allah SWT, karena haji yang Mabrur itulah yang menjadi dambaan dan harapan kita semua," katanya.

Nadalsyah mengatakan begitu pentingnya pelaksanaan ibadah haji sehingga memerlukan persiapan yang matang, baik dari segi pembinaan terhadap calon jamaah haji maupun petugas yang melayani jamaah sejak dari pendaftaran hingga pemberangkatan dari Tanah Air sampai ke Tanah Suci dan bahkan sebaliknya kembali di kampung halaman kembali.

Bimbingan manasik haji yang akan dimulai pada hari Jumat merupakan suatu kesempatan yang diadakan khusus untuk jamaah calon haji Kabupaten Barito Utara mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar sesuai dengan arahan dan bimbingan tim pembimbing haji.

"Oleh karena itu, kepada jamaah calon haji, saya harapkan dapat mengikuti serta menyimak penyampaian materi dengan baik," ujar Nadalsyah.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar