Pemkab Barsel gerak cepat bangun sektor pendidikan

id Pemkab Barsel,Bupati Barsel Eddy Raya,Pemkab Barsel gerak cepat bangun sektor pendidikan,IGI Barsel,Ketua harian pusat Ikatan Guru Indonesia (IGI), Ru

Pemkab Barsel gerak cepat bangun sektor pendidikan

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri (kanan) sedang menyaksikan Ketua harian pusat Ikatan Guru Indonesia (IGI), Rusnani Esra melantik pengurus IGI Barito Selatan, di Buntok, Jumat (6/7/18) (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah sedang bergerak cepat dalam menjalankan segala sektor pembangunan khususnya bidang pendidikan.

"Berbagai isu-isu strategis pembangunan bidang pendidikan sedang terus dijalankan," kata Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri, saat menghadiri pelantikan pengurus IGI Barito Selatan, serta seminar sehari dengan tema sekolah ramah anak, dan pendidikan inklusif, di Buntok, Jumat.

Ia mengatakan, pembangunan dalam bidang pendidikan tersebut seperti peningkatan sarana, dan prasarana, peningkatan kualitas kompetensi pendidik, dan tenaga pendidik.

"Kemudian standar kompetensi kelulusan sebagaimana yang termuat dalam delapan standar nasional pendidikan," ujar Eddy Raya Samsuri.

Ia juga menjelaskan pada tahun ini pihaknya sudah menjalankan sejumlah program yang di antaranya seperti melaksanakan Diklat dasar, dan lanjutan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), menyediakan 600 unit sepeda untuk siswa SD, dan SMP berprestasi, dan kurang mampu.

Setelah itu melakukan pembelajaran berbasis multimedia untuk SD, dan SMP, melaksanakan pelatihan kurikulum 2013, dan melakukan pembinaan terhadap guru, kepala sekolah, serta pengawas berprestasi.

Pihaknya lanjut dia, juga menyediakan dana Biaya Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) untuk jenjang sekolah dasar, dan Sekolah Menengah Pertama, termasuk menyediakan dana BOP bagi Taman Kanak-kanak (TK) negeri.

"Selain itu, membangun gedung sekolah, dan rumah dinas guru, serta membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 di Desa Kalahien, Kecamatan Dusun Selatan," ucap Bupati Barito Selatan itu.

Melalui kegiatan percepatan pembangunan khususnya dalam sektor pendidikan tersebut lanjut dia, diharapkan akan bisa lebih meningkatkan indeks pembangunan manusia di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai ?Tuntung Tulus ini.

Acara pelantikan pengurus IGI Barito Selatan, dan seminar dengan tema sekolah ramah anak, dan pendidikan inklusif tersebut dihadiri ribuan guru dengan menghadirkan beberapa narasumber yang salah satunya anggota DPD-RI, Permana Sari.

Adapun komposisi pengurus IGI Barito Selatan diketuai Isna Cholisa, Wakil Ketua H. Sunarko, Sekretaris, Ilis, dan Bendahara Feronika.

Kepengurusan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Barito Selatan tersebut dilantik oleh ketua harian IGI pusat, DR Rusnani Esra, M. Pd.