Ternyata ini bahaya gunakan alat masak anti lengket

id Alat masak anti lengket,teflon,wajan,panci

Ternyata ini bahaya gunakan alat masak anti lengket

Ilustrasi. (Istimewa)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Berbagai alat masak anti lengket, seperti wajan atau penggorengan, telah dilapisi dengan bahan yang disebut polytetrafluoroethylene (PTFE), yang umumnya dikenal sebagai Teflon.

Secara umum, Teflon adalah senyawa yang aman dan stabil. Namun, pada suhu di atas 300 derajat Celcius, lapisan Teflon pada peralatan masak anti lengket mulai rusak, sehingga melepaskan bahan kimia beracun ke udara. Menghirup asap ini dapat menyebabkan demam asap polimer, juga dikenal sebagai flu Teflon.

Demam asap polimer terdiri dari gejala yang bersifat sementara, seperti flu, menggigil, demam, sakit kepala dan nyeri tubuh. Gejala ini mungkin terjadi 4-10 jam setelah terpapar, dan kondisinya akan hilang dalam 12-48 jam.

Beberapa penelitian kecil juga melaporkan efek samping yang lebih serius dari paparan Teflon terlalu panas, termasuk kerusakan paru-paru.

Namun, dalam semua kasus yang dilaporkan, seseorang yang terpapar asap Teflon yang terlalu panas pada suhu ekstrim setidaknya 730 derajat Fahrenheit atau 390 derajat Celcius, dan terpapar untuk waktu yang lama setidaknya empat jam.

Berikut alternatif peralatan masak anti lengket :

Peralatan masak anti lengket modern umumnya dianggap aman. Namun, jika Anda masih khawatir tentang salah satu efek kesehatan potensial, Anda dapat mencoba alternatif peralatan masak lain.

Berikut adalah beberapa alternatif peralatan masak bebas Teflon.

  • Stainless steel, sangat baik untuk menumis dan mencokelatkan makanan. Ini tahan lama dan anti gores. Ini juga aman untuk dicuci dan mudah dibersihkan.
  • Peralatan masak cast-iron, tidak lengket, tahan lama dan dapat menahan suhu di atas yang dianggap aman untuk panci dan wajan anti lengket.
  • Stoneware, dapat memanaskan masakan secara merata dan tidak lengket ketika dibumbui. Ini juga anti gores dan dapat dipanaskan hingga suhu yang sangat tinggi.
  • Peralatan masak keramik, adalah produk yang relatif baru, memiliki sifat anti lengket yang sangat baik, tetapi lapisannya mudah tergores.
  • Peralatan masak silikon. Silikon adalah karet sintetis, yang digunakan dalam peralatan panggang dan alat dapur.