Produk UMKM Kotim layak dipasarkan lebih luas

id Produk UMKM Kotim layak dipasarkan lebih luas,Anggota Komisi IV dpr,Rahmat Nasution Hamka,Kotim,Sampit

Produk UMKM Kotim layak dipasarkan lebih luas

Anggota Komisi IV DPR RI Rahmat Nasution Hamka saat membuat video singkat untuk membantu mempromosikan produk UMKM Kotim melalui media sosial, Sabtu (25/8/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Anggota Komisi IV DPR RI, Rahmat Nasution Hamka, ikut mempromosikan produk usaha kecil, mikro dan menengah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

"Kita bantu mempromosikannya melalui cara kita masing-masing, khususnya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Kualitas produk UMKM kita bagus dan mampu bersaing dengan daerah lain," kata Hamka di Sampit, Senin.

Hamka mengatakan pernyataan itu bukan karena Kotawaringin Timur bagian dari Kalimantan Tengah, yang merupakan daerah pemilihannya. Apresiasi itu disampaikannya karena melihat langsung kualitas produk-produk karya pelaku UMKM Kotawaringin Timur.

Saat menghadiri lomba majalah dinding tiga dimensi tingkat pelajar SMA sederajat yang digelar Karang Taruna Kotawaringin Timur, Hamka menyempatkan melihat dan menikmati produk UMKM yang ditampilkan. Saat itu pelaku UMKM binaan Karang Taruna menjual berbagai produk seperti camilan, rujak, jamu, suvenir dan pakaian.

Hamka menikmati rujak dan pentol ikan yang menurutnya rasanya sangat enak. Dia juga memuji kreativitas pelaku usaha UMKM yang memanfaatkan sisik ikan jelawat dan limbah kayu menjadi berbagai ukiran, gantungan kunci dan barang bernilai ekonomis lainnya.

Sambil menikmati camilan, Hamka juga berbincang dengan sejumlah pelaku UMKM. Dari perbincangan itu dia mendapat banyak informasi terkait kendala yang dihadapi pelaku UMKM, khususnya dalam hal modal dan pemasaran.

Menurutnya, sektor UMKM Kotawaringin Timur sangat besar potensinya untuk dikembangkan. Banyak bahan baku yang bisa dimanfaatkan dan didapatkan dengan mudah serta murah.

Pemerintah daerah diminta lebih serius membina pelaku UMKM, seperti mendukung peningkatan sumber daya manusia, permodalan dan pemasaran. Melihat potensi yang ada, dia yakin sektor UMKM mampu turut menggerakkan perekonomian daerah.

"Makanya kita semua perlu membantu mempromosikan produk UMKM daerah kita agar makin diminati konsumen. Tujuannya tentu agar ekonomi kerakyatan makin meningkat dan masyarakat kita makin sejahtera," harap Hamka.

Politikus PDIP itu juga menyempatkan membuat video singkat mempromosikan produk UMKM Kotawaringin Timur. Video itu kemudian diunggahnya ke akun media sosial miliknya agar produk UMKM dikenal lebih luas lagi.