Legislator Gumas bagikan 100 unit alsintan untuk petani

id DPRD Gumas,Kabupaten Gumas,Gunung Mas,Kuala Kurun,Tatau A Pissy

Legislator Gumas bagikan 100 unit alsintan untuk petani

Legislator Gumas Tatau A Pissy (kanan) saaat menyerahkan bantuan alsintan secara simbolis kepada perwakilan petani di Kuala Kurun, Jumat (31/8/18). (Foto Antara Kalteng / Jemmy Kamis)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Tatau A Pissy membagikan sebanyak 100 buah alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di Kelurahan Kuala Kurun, Kecamatan Kurun.

"Saya berharap dengan adanya bantuan alsintan itu, para petani dapat meningkatkan hasil produksi pertaniannya. Alsintan itu juga merupakan salah satu usulan yang diminta para kelompok tani di Kelurahan Kuala Kurun," katanya di Kuala Kurun, Jumat.

Bantuan yang diberikan itu berupa 100 unit alat semprot. Sumber dana pengadaan alat tersebut merupakan dana aspirasi Tatau di DPRD Gumas yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat.

Ia mengatakan, penggunaan dana aspirasi DPRD sebetulnnya juga sudah sering dilaksanakan, namun tidak semua dapat diakomodir sebab permintaan itu harus diseleksi terlebih dahulu, dan yang paling prioritas adalah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Semua pasti akan mendapatkan bantuan, namun pembagian dana aspirasi juga harus berdasarkan skala prioritas. Masyarakat jangan khawatir setiap usulan akan selalu berupaya DPRD pertimbangkan dan dilaksanakan, hanya karena terbatas jadi ada yang lebih dulu ada juga yang tertunda," jelasnya.

Tatau mengaku dari beberapa bantuan yang sudah pernah diberikannya kepada masyarakat melalui dana aspirasi tersebut, yakni seperti bantuan ternak. Sejauh ini, bantuan ternak itu cukup berhasil sebab sudah ada yang berkembang biak dan membuahkan hasil.

"Kami di DPRD tetap memantau bagaimana masyarakat menggunakan bantuan yang diberikan, khususnya saya pribadi selalu rutin melihat hasilnya. Tujuannya memastikan bahwa bantuan yang diberikan tepat sasaran dan tidak disalahgunakan," ujarnya.

Sementara itu, salah satu anggota kelompok tani, Godrin menyambut baik dan mengapresiasi bantuan alsintan yang diberikan Anggota DPRD Gumas Dapil I tersebut. Dapil I itu meliputi Kecamatan Kurun, Mihing Raya, dan Kecamatan Sepang.

“Alat semprot rumput itu, sangat bermanfaat bagi kami petani untuk membersihkan rumput yang mengganggu tanaman. Semoga dengan bantuan tersebut hasil produksi kami bertambah baik,” katanya.