Perusahaan sawit diminta aktif cegah karhutla

id Karhutla, PBS Seruyan, Penjabat Bupati, Muhammad Hatta

Perusahaan sawit diminta aktif cegah karhutla

Pejabat Bupati Seruyan, Muhammad Hatta (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Penjabat Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Muhammad Hatta meminta perusahaan besar swasta aktif mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Kita minta perusahaan besar swasta, terutama perusahaan perkebunan sawit untuk aktif mencegah karhutla," katanya di Kuala Pembuang, Kamis.

Di wilayah kabupaten berjuluk "Bumi Gawi Hatantiring" terdapat lebih dari 30 perusahaan sawit dengan luas operasional secara keseluruhan mencapai 300 ribu hektare sehingga peran serta perusahaan perkebunan sawit dalam penanganan karhutla di wilayah operasionalnya masing-masing sangat berpengaruh terhadap penanggulangan karhutla di Seruyan secara keseluruhan.

"Kalau perusahaan mampu menangani karhutla di wilayahnya masing-masing, maka penanganan karhutla di Seruyan juga akan terlaksana dengan maksimal," katanya.

Ia menambahkan, perusahaan sebenarnya punya kewajiban untuk memastikan wilayah operasionalnya aman dari kebakaran, dan perusahaan juga harus membantu desa atau wilayah di sekitar perusahaan agar terhindar dari kebakaran.

"Kewajiban itu tidak bisa dipisahkan, karena kalau di dalam perusahaan aman sementara di sekitar perusahaan terjadi kebakaran maka akhirnya perusahaan juga akan terancam," katanya.

Kemudian, untuk memastikan wilayah perusahaan dan sekitarnya aman dari kebakaran, maka perusahaan harus memiliki alat pemadam kebakaran yang memadai dan mampu digunakan skala besar maupun kecil.

Menurutnya, untuk mengamankan wilayah operasional dari bahaya kebakaran, perusahaan sudah seharusnya memiliki beberapa unit mobil pemadam dengan kapasitas ribuan liter lalu ditunjang dengan personel serta perlengkapan pemadam yang standar lainnya.

"Perusahaan perlu memperbanyak peralatan untuk mengantisipasi karhutla. Jangan sampai perusahaan yang mempunyai luasan lahan ribuan hektare hanya memiliki peralatan pemadam kebakaran seadanya," katanya.