Latih daya ingat yang mulai terenggut digital amnesia

id amnesia,daya ingat,digital amnesia,lupa ingatan,Latih daya ingat yang mulai terenggut digital amnesia

Latih daya ingat yang mulai terenggut digital amnesia

Ilustrasi, (tulisandrgmuda.blogspot.com) (Istimewa)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Jangan biarkan digital amnesia merenggut kenangan-kenangan yang paling berarti dalam hidup Anda. Karena itu, Anda perlu melatih dan mengasah otak agar tetap mampu mempertahankan daya ingat di tengah perkembangan teknologi yang kian pesat.

Ini dia beberapa hal yang bisa Anda usahakan untuk menjaga kemampuan otak dalam mengingat:

1. Mulai belajar menghafal informasi sederhana
Usahakan untuk menghafalkan informasi yang sehari-hari Anda gunakan atau Anda lihat. Misalnya lirik lagu favorit, nomor plat kendaraan, nomor induk karyawan, nomor mahasiswa, dan lain-lain.

Baca juga: Apa itu digital amnesia dan dampaknya untuk daya ingat?

Supaya hafal, Anda harus mengulang-ulang informasi tersebut setiap hari. Otak pun akan mampu mengolahnya ke dalam memori jangka panjang.

2. Jangan bergantung pada teknologi
Saat Anda tersesat di jalan, sesekali coba untuk tidak menggantungkan diri pada teknologi. Jadi ketimbang menggunakan GPS ketika mencari jalan, tanya pada orang sekitar. Setelah itu, hafalkan jalanan yang Anda lalui.

Dengan begitu, Anda pun bisa melatih otak sebagai alat navigasi yang akurat dan bisa diandalkan. Anda juga bisa menghindari risiko berbahaya seperti kecelakaan lalu lintas akibat terlalu fokus melihat GPS di layar HP.  

3. Gunakan internet secara bijak
Internet memberikan segudang manfaat baik bila digunakan dengan bijak. Maka, Anda harus betul-betul selektif dalam menyerap informasi baru di dunia maya. Jangan menghabiskan kebanyakan waktu untuk mengakses konten yang negatif atau tidak penting.

Saat ini juga sudah banyak aplikasi smartphone yang ditujukan untuk melatih daya ingat sekaligus meningkatkan fungsi otak. Manfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut dengan baik.

4. “Break” dulu dari semua alat elektronik
Kadang gadget memang membantu mengusir rasa bosan atau bad mood. Namun, kadang alat elektronik bisa bikin resah karena Anda merasa harus selalu mengecek notifikasi atau update terbaru dari pengguna media sosial lainnya.

Maka, tetapkan waktu di mana Anda sama sekali tak menggunakan alat elektronik. Mulai dari smartphone, tablet, televisi, komputer, laptop, hingga konsol video game. Bila Anda harus mengingat informasi penting pada saat break, catat dulu di buku atau memo.  

5. Menjalani gaya hidup sehat seutuhnya
Selain menjaga daya ingat otak dan mencegah digital amnesia dengan strategi-strategi di atas, Anda juga harus menjalani gaya hidup yang sehat secara keseluruhan.

Ini bisa dicapai dengan menjaga pola makan seimbang, mengupayakan berat badan ideal, olahraga rutin, tidur yang cukup, mengelola stres, menyiapkan asuransi jiwa, membangun relasi yang baik dengan orang-orang di sekitar, serta rajin memeriksakan kesehatan ke dokter.

Dengan melakukan semua hal ini, fungsi otak Anda akan tetap terjaga. Jadi kalau Anda harus mengingat berbagai informasi yang rumit, otak tidak akan terlalu kewalahan lagi.


sumber:hellosehat.com