Ini harapan Penjabat Bupati Seruyan kepada penggantinya

id Ini harapan Penjabat Bupati Seruyan kepada penggantinya,Muhammad Hatta,Kuala Pembuang,Yulhaidir,Iswanti

Ini harapan Penjabat Bupati Seruyan kepada penggantinya

Penyerahan berita acara dan memori jabatan dari Penjabat Bupati Seruyan Muhammad Hatta kepada Bupati Seruyan Yulhaidir dan Wakil Bupati Iswanti. (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Muhammad Hatta mengakhiri tugasnya sebagai Penjabat Bupati Seruyan. Dia pun menitip sejumlah pesan kepada penggantinya yaitu Bupati Seruyan Yulhaidir dan Wakil Bupati Iswanti terkait masa depan Seruyan.

"Seruyan merupakan salah satu daerah di Kalimantan Tengah yang sangat potensial, tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan peluang dan mengembangkan berbagai sektor dengan baik," kata Hatta sebelum pergi meninggalkan Seruyan, Jumat.

Untuk meningkatkan perekonomian di daerah, Pemerintah Kabupaten Seruyan harus bisa memaksimalkan potensi laut yang dimiliki, yaitu peluang transportasi yang sangat strategis hingga pemanfaatan sumber daya alam di bidang kuliner.

Pelabuhan Laut Segintung harus bisa segera dioperasionalkan, karena ini merupakan salah satu peluang terbaik yang dimiliki Seruyan sebagai modal untuk mengembangkan daerah.

Hatta menjelaskan, sebelumnya dia sudah pernah melakukan rapat koordinasi dengan dengan Dinas Perhubungan Kalimantan Tengah serta Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kuala Pembuang untuk mendorong percepatan pengoperasionalan pelabuhan.

"Pelabuhan Segintung memiliki nilai sebesar Rp650 miliar, ini merupakan pelabuhan terbesar dan tidak ada kabupaten lain di Kalimantan Tengah yang memiliki pelabuhan sebagus ini. Jadi ya sayang apabila pemerintah kabupaten tidak segera memanfaatkannya," tegasnya.

Selain pengguna yang sudah jelas yaitu kapal pengangkut minyak kelapa sawit dan kapal lainnya, Pelni pun telah menyatakan minatnya jika Pelabuhan Segintung dapat beroperasi. Hal ini membuktikan adanya peluang besar untuk dibukanya rute pelayaran umum Kuala Pembuang- Semarang dan Kuala Pembuang- Surabaya.

Harapannya, saat hari-hari besar seperti mudik lebaran, masyarakat yang ingin pulang ke kampung halamannya di Jawa, tidak hanya melalui Pelabuhan Sampit maupun Pelabuhan Kumai, namun dapat menggunakan jalur pelayaran yang ada di Pelabuhan Segintung.

Menurut Hatta, Pemerintah Kabupaten Seruyan harus bergerak secara aktif dan selalu berinovasi, agar semua peluang yang dimiliki dapat dimanfaatkan dengan benar. Jangan lagi masyarakat Seruyan yang datang ke daerah lain, namun bagaimana caranya membuat masyarakat luar datang ke Seruyan.

Ia pun berharap agar bupati dan wakil bupati yang baru mampu menggerakkan roda pemerintahan dengan baik, sehingga mampu meningkatkan perekonomian di daerah dan membuat masyarakat benar-benar sejahtera.

Selama 1 bulan 20 hari menjabat sebagai Pejabat Bupati Seruyan, Hatta mengaku sangat terkesan dan disambut dengan baik oleh semua pihak. Kini dia akan kembali ke Palangka Raya untuk menjalankan tugasnya sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalimantan Tengah.