Pemkab dan DPRD Bartim segera rampungkan pembahasan APBD 2019

id kabupaten barito timur,bartim,apbd bartim 2019,ketua dprd bartim,bupati bartim,Ampera AY Mebas ,Broelalano

Pemkab dan DPRD Bartim segera rampungkan pembahasan APBD 2019

Bupati Bartim Ampera AY Mebas (kiri depan) menyampaikan jawaban kepala daerah atas pemandangan umum fraksi terhadap nota keuangan dan Raperda tentang APBD tahun 2019, Senin (27/11/18). (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

keberadaannya sangat diperlukan untuk mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat
Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur dan DPRD setempat telah mulai membahas, dan berkomitmen segera merampungkan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2019.

Pembahasan APBD 2019 yang diperkirakan besarannya mencapai Rp893 miliar itu ditargetkan selesai paling lambat dua hari, kata Ketua DPRD Bartim Broelalano di Tamiang Layang, Selasa.

"Sesuai kesepakatan bersama dalam paripurna, pembahasan dilaksanakan selama dua hari dimulai hari ini (Selasa) pagi hingga Rabu (28/11/2018) malam," beber dia.

Dia pun memastikan DPRD Bartim secara kelembagaan telah siap membahas anggaran untuk 24 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SOPD) pada hari pertama pembahasan. Sedangkan anggaran pada 9 SOPD pada hari kedua.

"Kami memang berkomitmen mempercepat rampungnya APBD 2019, karena keberadaannya sangat diperlukan untuk mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Kami kan selalu mendukung percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," kata Broelalano.

Sementara itu, Bupati Bartim Ampera AY Mebas menegaskan, seluruh organisasi perangkat daerah sudah siap melaksanakan pembahasan anggaran dengan legislatif, jauh sebelum dilaksanakan pembahasan bersama. 

"Kami sudah siap mengikuti pelaksanaan pembahasan bersama karena sebelumnya sudah dibahas ditingkat Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama sekda dan langsung saya pimpin," katanya. 

Menurut Ampera, TAPD Bartim telah melaksanakan pembahasan bersama di tingkat internal Pemerintah Kabupaten Bartim selama 14 hari kerja. Anggaran yang tidak efektif dan efesian akan dipangkas, terlebih lagi anggaran yang tidak sesuai dengan program kerja visi-misi daerah. 

"Untuk itu, DPRD Bartim diharapkan mendukung pelaksanaana pembangunan sebagaimana visi-misi pembangunan Pemerintah Kabupaten Bartim 2018-2023," kata Ampera.

Pantauan Antara Kalteng, rapat pembahasan bersama RAPBD tahun anggaran 2019 dilaksanakan diruang rapat paripurna DPRD Bartim. Sekda Bartim selaku Ketua TAPD setempat, Eskop didampingi asisten I dan II memimpin pihak Eksekutif. Para jajaran SOPD bergantian memasuki ruang rapat paripurna.

Sedangkan dari legislatif, pembahasan dipimpin langsung Ketua DPRD Bartim Broelalano didampingi wakilnya Ariantho S Muler dan Raran bersama jajaran anggota dewan lainnya.