Pemkab Barut pasang CCTV di Jembatan KH Hasan Basri Muara Teweh

id cctv di barito utara,dinas kominfo dan persandian barut,pemkab barut pasang cctv di jembatan muara teweh

Sejumlah petugas memasang CCTV di jembatan KH Hasan Basri Muara Tewe, Rabu. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalteng, kini memasang sistem pemantauan melalui sarana  closed-circuit television (CCTV) di jembatan KH Hasan Basri Muara Teweh yang melintasi Sungai Barito.
    
"Mulai hari ini (Rabu) pemasangan CCTV sudah mulai dilakukan yakni di jembatan Hasan Basri  ini kami pasang empat unit untuk memantau aktivitas umum keluar dan masuk kota Muara Teweh serta transportasi sungai baik kapal besar maupun kecil yang melintasi bawah jembatan," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Barito Utara (Barut) M Iman Topik di Muara Teweh, Rabu

Menurut Topik, kegiatan ini untuk menindaklajunti Surat Edaran Gubernur Kalteng dengan Nomor : 555.3/791/Diskominfo tentang kewajiban pemasangan CCTV tertanggal 13 September 2017 ditandatangani Gubernur Kalteng,  Sugianto Sabran, dan arahan Bupati Barito Utara Nadalsyah terkait paralatan kamera pemantauan tersebut.

Selain di jembatan, kata dia, empat unit CCTV juga di pasangan di kawasan Bundaran Buah atau disekitar Markas Kodim 1013 Muara Teweh.

"Untuk tahun ini ada delapan unit CCTV dipasang yakni di kawasan jembatan dan Bundaran Buah masing-masing empat unit," katanya.

Topik mengatakan untuk mendukung beroperasinya CCTV ini pihaknya telah mengirimkan pegawai melakukan studi banding ke Bandung Command Center, Bandung, Jawa Barat, terkait penerapan sistem pemantauan melalui sarana CCTV pada objek keramaian publik dan vital di Muara Teweh.

"Kami telah mengirimkan tiga orang personil tim teknis ke Bandung Command Center terkait pelaksanaan pemantauan langsung dengan CCTV di daerah ini," kata dia.

Diharapkan melalui  hasil studi banding ini dapat menjadi bahan banding khususnya dalam penggunaan maupun penerapan sistem jaringan Fiber Optic (FO) yang akan mengintegrasikan data ke dalam server yang ada pada Dinas Komunikasi dan Informatika dan Persandian Barito Utara.

"CCTV ini dapat terpantau selain di kantor Diskominfo dan ruang kerja Bupati Barito Utara,," kata Topik.

Pada 2019 nanti pemasangan CCTV akan dilakukan kembali untuk ditempatkan dibeberapa titik fasilitas umum di Muara Teweh diantaranya bundaran AIr Mancur (depan rumah jabatan bupati), stadion Swakarya, taman kota dan kawasan Water Front City  serta lanjutan pembentangan kabel fiber optic. 

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar