Pola pengasuhan pengaruhi kualitas kemampuan anak

id Pola pengasuhan pengaruhi kualitas kemampuan anak,Seruyan,Wakil bupati,Iswanti

Pola pengasuhan pengaruhi kualitas kemampuan anak

Wakil Bupati Seruyan Iswanti menyerahkan cendera mata berupa batik khas Seruyan kepada narasumber Seminar Menjadi Orangtua Sukses dalam Mendidik Anak pada Peringatan ke-90 Hari Ibu, Kuala Pembuang, Selasa, (18/12/2018).  (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Wakil Bupati Seruyan Iswanti mengajak orangtua meningkatkan pola pengasuhan terhadap anak agar menghasilkan generasi penerus yang berkualitas sebagai penjamin masa depan bangsa.



"Penerapan pola asuh yang tepat menjadi faktor penentu pertumbuhan seorang anak. Diperlukan keseriusan serta kehati-hatian dari orangtua dalam melakukannya," katanya di Kuala Pembuang, Selasa.



Hal itu diungkapkannya usai membuka kegiatan seminar menjadi orangtua sukses dalam mendidik anak pada Peringatan ke-90 Hari Ibu. Kegiatan ini dihadiri perwakilan berbagai organisasi perempuan dan organisasi perangkat daerah.



Dalam pengasuhannya diperlukan pendidikan yang tepat, agar anak dapat tumbuh dengan kecerdasan maksimal. Orangtua juga harus bisa mengembangkan nilai-nilai luhur, sehingga anak berkembang sebagai pribadi yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.



"Seorang ibu memegang peranan penting dalam pengasuhan anak usia dini, sebab ia berperan sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak disamping sosok seorang ayah," ungkapnya kepada awak media.



Orangtua dituntut mampu beradaptasi dan mengikuti perkembangan zaman serta teknologi masa kini, guna menyerap ragam hal positif yang dapat diterapkan pada saat mengasuh anak.



Tiga hal yang mendukung suksesnya anak dalam belajar meliputi orangtua, guru dan anak itu sendiri. Selain orangtua, peran guru sangat besar pengaruhnya karena hampir sepertiga hari, anak-anak menghabiskan waktunya di sekolah.



"Kemudian peran anak sangatlah besar sebagai penentu tumbuh kembang dirinya sendiri. Jika ia memiliki semangat belajar yang tinggi maka pintu kesukseskan akan terbuka lebar bagi dirinya," papar Iswanti.



Pemerintah kabupaten melalui instansi yang membidangi, senantiasa mendukung orangtua dalam upaya peningkatan kualitas pola pengasuhan anak-anaknya, yaitu melalui berbagai kegiatan seminar dan program yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya yang dimiliki.



Iswanti mengimbau, orangtua proaktif mencari informasi dan membuka forum diskusi dengan sesama orangtua maupun lembaga atau seseorang yang ahli dalam bidang tersebut. Tujuannya untuk mengatasi berbagai macam kesulitan yang ditemui selama ini.