Pengembangan objek wisata bisa tambah PAD Barito Timur

id Pengembangan objek wisata bisa tambah PAD,DPRD,Barito Timur,Bartim,Embut,Pariwisata

Pengembangan objek wisata bisa tambah PAD Barito Timur

Anggota DPRD Barito Timur, Embut. (Foto Istimewa)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Barito Timur Kalimantan Tengah, Embut mengharapkan pemerintah daerah setempat mulai mengembangkan objek wisata karena berpotensi meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).



"Pemerintah daerah bisa mengembangkan objek wisata yang ada dengan memanfaatkan potensi wisatanya sehingga bisa menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah," katanya saat dihubungi di Tamiang Layang, Minggu.



Selain sebagai salah satu sumber pendapatan daerah, pengembangan objek wisata juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar lokasi wisata.



Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra itu menilai, saat ini belum ada objek wisata yang disentuh pembangunannya secara maksimal oleh pemerintah daerah.



"Kami dari anggota dewan sangat berharap pengembangan objek wisata bisa dilaksanakan mulai di tahun 2019 ini," katanya.



Menurutnya, selama ini pemerintah daerah hanya terfokus pada pembangunan akses jalan poros saja dan belum menyentuh pembangunan dan pengembangan objek wisata yang ada di Kabupaten Barito Timur.



Jika pemerintah daerah tidak mengambil kebijakan untuk pengembangan objek wisata, Embut mengharapkan pemerintah desa bisa mengambil peluang tersebut sebagai salah satu potensi pendapatan desa.



Salah satu potensi wisata yang kini sangat diminati masyarakat seperti Riam Palalang yang berada di Desa Muara Awang Kecamatan Dusun Tengah dan Liang Saragi yang ada di Desa Ampari Kecamatan Awang.



Kedua objek wisata tersebut memiliki keindangan dan keunikan tersendiri yang bisa menjadi pemikat wisatawan, baik wisatawan lokal maupun luar.



"Itu hanya sebagian objek wisata yang sangat diminati masyarakat, masih ada objek wisata budaya yang bisa dijadikan tujuan berwisata. Manfaat dari pengembangan obyek wisata yang ada di Barito Timur sangat banyak," katanya.



Salah satu peluang usaha yang bisa dikembangkan masyarakat seperti usaha kuliner. Hal ini pun seiring dengan program pemerintah daerah dalam mengembangkan usaha ekonomi kerakyatan.



"Langkah awal yang hendaknya menjadi perhatian pemerintah daerah adalah akses jalan yang bisa mempermudah menuju lokasi wisata," demikian Embut.